Tuesday, March 19, 2019
Depan > Pemerintahan > Dispendik Gelar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Dispendik Gelar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Jumat (3/8/2018) pagi menggelar kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Aula TK Nira Indria Desa Sebaung Kecamatan Gending.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina ini diikuti oleh 40 orang peserta yang merupakan guru TK dari Kecamatan Gending, Pajarakan dan Maron.

Dalam sambutannya Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengungkapkan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan program yang didedikasikan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya guru TK agar nanti pada saat ujian kompetensi bisa memenuhi nilai yang sudah distandartkan.

“Ini juga merupakan wujud dalam rangka mempersiapkan para guru untuk bisa mengikuti sertifikasi untuk memperoleh tunjangan profesi. Kegiatan ini bertujuan agar kompetensi dan profesionalnya meningkat sehingga ujung-ujungnya peserta didik memiliki kompentisi yang baik. Yaitu anak-anak yang cerdas, terampil dan berkarakter, ” katanya.

Menurut Dewi, kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran dari APBD Kabupaten Probolinggo di 8 (delapan) titik (kelas) dengan total peserta 320 orang. Dimana setiap titik (kelas) diikuti oleh 40 orang peserta dari 3 (tiga) kecamatan terdekat.

“Intinya karena TK itu sudah merupakan pendidikan formal, lembaga PAUD tapi formal dan ada SPM (Standart Pelayanan Minimal) yang salah satunya SPM adalah standart bagi pendidiknya. Oleh karenanya ini kita dedikasikan agar mereka memenuhi kompetensi yang diharapkan sehingga betul-betul berkompeten,”  jelasnya.

Lebih lanjut Dewi mengharapkan agar pendidikan TK yang merupakan pendidikan paling dasar dan menjadi fondasi pada jenjang yang berikutnya mampu menyiapkan kelulusan anak-anak yang sudah siap pada jenjang berikutnya.

“Semoga ke depan cakupan dari kegiatan ini bisa kita tingkatkan karena jumlah guru TK diatas 1000 orang. Sementara saat ini baru bisa merangkul sekitar 320 orang guru TK,” pungkasnya. (wan)