Tuesday, August 11, 2020
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Bimtek Kompetensi Guru PAUD Berbasis Video Type A

Dispendik Gelar Bimtek Kompetensi Guru PAUD Berbasis Video Type A

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menggelar bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berbasis video type A di aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kraksaan, Selasa hingga Jum’at (4-7/2/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi ini diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari 15 orang guru TK dan 5 orang guru PAUD se-Kabupaten Probolinggo. Harapannya dari guru TK dan PAUD ini nantinya bisa dikembangkan di lembaga, PKG dan gugus.

Selama kegiatan ini, para guru PAUD dan TK mendapatkan materi dari narasumber dari Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan. Yakni, pengenalan materi GBIM dan JM, teori dan praktek bahasa visual dalam naskah, teori penulisan naskah, tugas mandiri menyusun GBIM dan RPBB, praktek menulis naskah, teori dan praktek editing video, tugas mandiri peserta penulisan naskah, praktek produksi media, praktek editing video, konsultasi praktek editing video dan presentasi karya peserta.

Plt Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi memberikan apresiasi atas peluang dan kesempatan yang diberikan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memberikan kepercayaan kepada Dispendik Kabupaten Probolinggo untuk menggelar bimtek peningkatan kompetensi guru PAUD di Kabupaten Probolinggo.

“Kami berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan untuk meningkatkan kompetensinya dan tularkan kepada guru PAUD lain yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut Rozi menjelaskan pelayanan PAUD dan metode yang harus dipahami oleh para guru PAUD. Dimana metode belajar PAUD itu ada 3 (tiga) meliputi auditory, visual dan kinestetik.

“Auditory bagaimana kecerdasan bisa memaksimalkan pendengaran baik peserta didik maupun pendidik secara interaktif sesuai yang didengarnya. Visual berkaitan dengan tutorial melalui gambar yang disukai anak dan cocok dengan usianya. Kinestetik merupakan perpaduan antara keduanya dalam merancang kemampuan pembelajaran melalui ide dan gagasan untuk menciptakan suasana baru dan indah,” jelasnya.

Menurut Rozi, media belajar ini merupakan alat yang digunakan dalam rangka untuk mempermudah penyampaian pembelajaran kepada peserta didik. “Sebagai tindak lanjut para peserta harus aktif dan memastikan ilmu yang diperoleh selama kegiatan benar-benar dapat dipahami dan bisa ditransfer kepada guru-guru lain,” tegasnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis menyampaikan kegiatan ini merupakan instrument pembinaan dan peningkatan kompetensi guru PAUD melalui pengembangan potensi.

“Terus berinovasi dan berkreasi dengan memanfaatkan potensi yang ada. Hasil dari kegiatan ini diharapkan guru PAUD mampu membuat suasana pembelajaran di lembaga TK dan PAUD yang menyenangkan anak-anak,” harapnya.

Sedangkan Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Massajo mengungkapkan bahwa pihaknya akan merencanakan program tindak lanjut dengan menyusun jadwal pembinaan PKG se-Kabupaten Probolinggo. Sekaligus pengaturan jadwal bimtek atau workshop dengan materi yang diperoleh dalam kegiatan kegiatan ini.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar para guru PAUD bisa menjadi fasilitator atau narasumber untuk kemudian menyebarluaskan ilmu dan ketrampilannya dalam kegiatan PKG PAUD dan gugus PAUD se-Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal