Wednesday, November 20, 2019
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Bimtek Akreditasi

Dispendik Gelar Bimtek Akreditasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya mendukung penyelenggaraan akreditasi SD, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) akreditasi, Senin (30/9/2019) di aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kraksaan.

Kegiatan ini diikuti oleh 94 orang dari lembaga SD yang ada di Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan, mereka mendapatkan materi dari 2 (dua) orang narasumber yang berasal dari Asesor Akreditasi SD Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD Nurul Yaqin mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan nilai akreditasi sekolah. “’Melalui bimtek ini diharapkan dokumen akreditasi sekolah dapat tersusun dengan baik,” harapnya.

Dengan bimtek akreditasi ini Yaqin mengharapkan pemahaman tentang substansi akreditasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah akan semakin meningkat.

‘’Akreditasi sekolah harus dipahami dengan benar. Sebab bertujuan untuk memberikan informasi tentang kelayakan sekolah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, memberikan pengakuan peringkat kelayakan dan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan satuan pendidikan yang diakreditasi,” jelasnya.

Yaqin menambahkan kegiatan semacam ini akan membantu lembaga dalam melakukan akreditasi yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. “Selain itu, untuk meningkatkan kesiapan lembaga dalam persiapan mengikuti visitasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) SD Provinsi Jawa Timur. Paling tidak ke depannya, nilai akreditasinya bisa meningkat dari sebelumnya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal