Thursday, November 21, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Disnaker Sosialisasikan Produktivitas Tenaga Kerja

Disnaker Sosialisasikan Produktivitas Tenaga Kerja

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo, Kamis (27/6/2019) mengadakan sosialisasi produktivitas tenaga kerja di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo. Sosialisasi ini merupakan kegiatan upaya peningkatan kualitas bagi calon tenaga kerja dan calon produktivitas tenaga kerja non formal.

Sosialisasi produktivitas tenaga kerja yang dibuka oleh Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin ini diikuti sebanyak 100 orang berasal dari para alumni/lulusan peserta pelatihan berbagai kejuruan yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Kabupaten Probolinggo.

Sebagai narasumber sosialisasi ini terdiri dari Instruktur UPT Balai Latihan Pengembangan Produktivitas Tenaga Kerja (BLPPTK) Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Provinsi Jawa Timur dan Disnaker Kabupaten Probolinggo.

Dalam laporannya Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Probolinggo Herman Hidayat mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan agar para alumni/lulusan pelatihan BLK mengerti dan memahami arti pentingnya produktivitas.

“Tujuannya menambah pengetahuan dan wawasan tentang produktivitas sehingga dengan bekal keterampilan yang didapat selama mengikuti pelatihan nantinya dapat mengimplementasikan produktivitas dalam pelaksanaan kegiatan baik pribadi di lingkungan dunia kerja maupun yang membuka usaha mandiri untuk menjadi lebih produktif,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin mengatakan keberadaan BLK bertujuan untuk mendidik dan melatih masyarakat agar memiliki ketrampilan. Hal ini merupakan modal dasar dan awal yang harus dimiliki untuk meraih sebuah kesuksesan.

“Dari sebelumnya belum memiliki ketrampilan, setelah dilatih di BLK akhirnya memiliki kemampuan ketrampilan. Harapannya ketrampilan yang dimiliki bisa dikembangkan dan diteruskan dengan tujuan mendapatkan penghasilan,” katanya.

Hudan mengharapkan bagaimana nantinya para alumni/lulusan BLK ini bisa mengamalkan ilmu yang diperoleh sehingga memotivasi agar bisa mengembangkan ilmunya, setidaknya agar ilmunya bermanfaat. “Dengan ilmu dimiliki diharapkan produktivitas tenaga kerjanya bisa meningkat. Kalau produktivitas itu sudah ada, maka setidaknya tidak ada biaya yang dikeluarkan,” jelasnya.

Lebih lanjut Hudan mengkhawatirkan dengan mental laki-laki, karena pengangguran di Kabupaten Probolinggo paling banyak dari kalangan laki-laki. Hal ini menunjukkan jiwa juang untuk mendapatkan penghasilan lebih kuat perempuan dari pada laki-laki. Salah satu faktor penyebabnya adalah kebutuhan yang harus dipenuhinya.

“Kebutuhan ini bisa menjadi motivasi untuk mendapatkan penghasilan. Dalam sebuah pernikahan laki-laki wajjb memberikan nafkah dalam keluarga, maka harus memiliki semangat yang tinggi untuk mendapatkan penghasilan. Diawali dengan berdoa agar ilmunya bermanfaat dan mendapatkan penghasilan,” terangnya.

Menurut Hudan, bagi alumni/lulusan BLK yang usahanya sudah berjalan nantinya akan dilatih manajemen. Diharapkan yang sukses bisa membantu yang lainnya. Tetangganya diajak dan dilatih sehingga perusahaan UKM akan semakin besar. Hal ini penting supaya masyarakat bisa terus berdaya.

“Saya harapkan para lulusan BLK ini bisa mengikuti apa yang disampaikan narasumber dengan baik. Jangan sampai kehilangan materi. Paling tidak nantinya bisa membuat produksi dengan memanfaatkan potensi lokal. Untuk itu nantinya diharapkan bisa membuka wawasan dan kekampuan untuk bisa menciptakan dan mengembangkan usahanya,” tegasnya.

Hudan menambahkan agar para alumni yang sudah memiliki usaha agar nantinya bisa meningkatkan kuantitasnya. Selanjutnya managerialnya akan dilatih melalui pemberian materi manajemen.

“Diharapkan yang sudah memiliki usaha nantinya memiliki kemampuan managerial usaha yang baik. Dengan demikian mereka memiliki perencanaan, organisasi usaha, melaksanakan usahanya dan bisa mengevaluasi usahanya dengan baik. Jika hal ini dilakukan maka usahanya akan cepat maju dan berkembang sehingga penghasilannya meningkat,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal