Friday, September 20, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Disnaker Sosialisasikan Penyebarluasan Informasi Pelatihan dan Produktivitas

Disnaker Sosialisasikan Penyebarluasan Informasi Pelatihan dan Produktivitas

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo, Rabu (10/4/2019) memberikan sosialisasi penyebarluasan informasi pelatihan dan produktivitas di SMA Negeri Paiton.

Sosialisasi yang dilaksanakan menggunakan Dana Bagi Hasil Pajak Rokok Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2019 ini diikuti oleh ratusan siswa dan siswi alumni SMA Negeri Paiton atau kelas XII yang telah mengikuti Ujian Nasional (UN) dan para alumni dari sekolah lain yang ada di sekitar SMA Negeri Paiton.

Sebagai narasumber hadir dari BLBI Situbondo Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo, Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Probolinggo serta UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Probolinggo.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Ach. Fauzie Effendy melalui Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Herman Hidayat mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Probolinggo kepada masyarakat.

“Memasuki dunia kerja tidak selalu mengandalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal, terkadang dibutuhkan skill atau ketrampilan untuk menunjang proses memasuki dunia kerja,” katanya.

Menurut Herman, dalam hal ini peran dan fungsi UPT Balai Latihan Kerja Kabupaten Probolinggo adalah membantu membekali calon tenaga kerja, khususnya lulusan SMA/SMK yang tidak melanjutkan pendidikannya. “Dampak lebih luasnya diharapkan mampu mengurangi tingkat pengangguran serta mampu meningkatkan angka kesejahteraan di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Herman menegaskan bahwa generasi muda harus mempunyai mimpi karena akan menjadi pemimpin pada masa depan. Apalagi hidup itu pilihan, sehingga generasi muda harus bisa memilih mau menjadi orang sukses atau sebaliknya. Oleh karena itu untuk menuju orang sukses harus direncanakan dengan sebaik mungkin.

“Saya yakin adik-adik ini mempunyai rencana ke depan seperti apa. Bagaimana menyiapkan diri setelah lulus sekolah. Kami mempunyai fungsi untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak muda. Kalau ini dilakukan dengan baik maka akan memiliki bekal ketrampilan. Jangan pernah gengsi dan malu. Mudah-mudahan bisa memberikan bekal untuk memasuki dunia kerja agar bisa lebih produktif,” pungkasnya.

Tahun ini, Disnaker Kabupaten Probolinggo akan memberikan sosialisasi penyebarluasan informasi pelatihan dan produktivitas kepada 300 orang yang merupakan alumni (kelas XII yang telah mengikuti Ujian Nasional) pada 3 (tiga) lembaga SMA/SMK di Kabupaten Probolinggo. Dimana masing-masing lembaga diikuti oleh 100 orang.

Selain di SMA Negeri Paiton, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gading, Kamis (11/4/2019) dan dan SMK Negeri 1 Kotaanyar, Senin (15/4/2019). (wan)