Monday, June 1, 2020
Depan > Pemerintahan > Diskominfo Kembangkan Dua Layanan Berbasis Teknologi Informasi Terkait COVID-19

Diskominfo Kembangkan Dua Layanan Berbasis Teknologi Informasi Terkait COVID-19

Reporter : Hendra Trisianto
PROBOLINGGO – Di tengah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo selain terus berkonsentrasi dalam penanganan virus korona, juga dituntut untuk menyediakan sarana informasi akurat dengan dilengkapi layanan komunikasi yang dapat di akses seluruh masyarakat.

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo)Kabupaten Probolinggo selaku penyedia sarana dimaksud telah menyediakan dan mengembangkan dua layanan berbasis teknologi informasi yang berkaitan dengan perkembangan dan penanganan COVID-19.

Yang pertama dan telah berjalan sejak awal pandemi adalah layanan informasi berupa web portal resmi bernama siagacovid19.probolinggokab.go.id yang selalu dikembangkan secara relevan dan sesuai dengan kebutuhan informasi masyarakat.

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menjelaskan bahwa web tersebut tujuannya adalah untuk memberikan kepastian informasi dan perkembangannya kepada publik. Dan saat ini, kata Yulius, website tersebut telah dikembangkan dengan memuat empat informasi penting yang aktual. Yakni data statistik terkonfirmasi positif, sebaran desa zona merah COVID-19, tracking COVID-19 dan rumah isolasi

“Data yang disajikan dalam bentuk peta Kabupaten Probolinggo sangat mudah di pahami, dengan titik-titik penyebaran pada lokasi desa/kelurahan pasien. Agar lebih rinci dan detail, pengguna juga dapat mengklik warna atau memperbesar peta pada titik warna merah sebagai tanda kasus positif, titik kuning PDP dan titik biru ODP,” jelas Yulius Christian.

Lebih lanjut Yulius menuturkan layanan informasi yang kedua dan baru saja dirilis adalah layanan informasi status kepesertaan bantuan (bansos) dan pengaduan masyarakat. Hal ini sebagai langkah antisipasi potensi terjadinya kegaduhan masyarakat terkait permasalahan data dan status kepesertaan bansos.

Layanan informasi dan pengaduan bansos ini dapat di akses melaui website
siagacovid19.probolinggokab.go.id/bansos/pengaduan/terdampak atau via WhatsApp/SMS. Seluruh layanan ini berbasis data KK verifikasi Disdukcapil. Melalui layanan ini masyarakat juga bisa mengadukan adanya masalah status kepesertaan bansos dan kemungkinan ketidaksesuaian data penerima pada jenis-jenis bansos seperti PKH, BPNT, BST atau BLT Desa.

“Idealnya kurang dari 12 jam, pengaduan akan direspon oleh admin yang telah disiapkan. Kalau terkait bansos adminnya dari Dinas Sosial, untuk masalah BLT desa itu adminnya langsung dari Dinas PMD dan untuk masalah data kependudukan itu dari Dispendukcapil,” urainya.

“Gunakan dan manfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya, layanan ini sejatinya bukan untuk mencari kesalahan, akan tetapi untuk menyempurnakan data dan memperbaiki kesalahan dengan cepat dan tepat jika ditemukan permasalahan,” pungkasnya.(dra)

cww trust seal