Tuesday, October 27, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Diskan-TP PKK Gelar Festival Ikan Asap

Diskan-TP PKK Gelar Festival Ikan Asap

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangka menyemarakkan Festival Pantai Bandar Segara di Dusun Bandaran Desa Dringu Kecamatan Dringu, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kabupaten Probolinggo menggelar Festival Ikan Asap, Kamis (12/3/2020).

Kegiatan mengasap ikan ini dilakukan secara langsung dengan melibatkan 48 peserta dari Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Sejak pukul 07.00 WIB, puluhan peserta ini sudah mulai memasang alat pengasap ikan lengkap dengan ikan segarnya.

Festival ikan asap ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Muhammad Yusuf, Forkopimda, Ketua Umum Forikan Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan dan mengembangkan ketrampilan menu masakan berbahan baku ikan dan mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkelanjutan serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi ikan melalui Dasawisma dan membudayakan,” ujar Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan selama ini wilayah Kecamatan Dringu dikenal sebagai salah satu pusat penghasil ikan asap di Kabupaten Probolinggo. Selama 3 (tiga) tahun terakhir pembelinya luar biasa dan turut meramaikan tepi-tepi jalan di sepanjang jalur pantura Kabupaten Probolinggo. Ini tentunya menjadi potensi yang luar biasa jika kemudian dikemas bersama-sama.

“Melalui festival ikan asap ini diharapkan terciptanya momentum untuk saling bersinergi antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam mewujudkan pengasap-pengasap yang mampu menyuguhkan hasil asapannya secara hygienis dan dapat berjualan dengan aman dan nyaman,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, beberapa waktu lalu dirinya meminta Diskan Kabupaten Probolinggo agar para pelaku ikan asap beralih dari pengasapan manual kepada alat-alat modern melalui pengenalan teknologi tepat guna berupa mesin pengasap. “Insya Allah lebih efisien dibandingkan dengan mengasap satu persatu ikan yang selama ini dilakukan oleh para penguasa ikan asap,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah berkeinginan agar para pengusaha ikan asap ini bisa direlokasi. Nantinya akan disiapkan tempat yang representatif di halaman depan Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending.

“Disini tempatnya strategis dan para pembeli memiliki lahan parkir yang cukup luas. Sehingga tidak mengganggu lalu lalang kendaraan yang tengah melintas,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal