Sunday, August 9, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Tebar 200 Ribu Benih Ikan Wader dan Tawes

Diskan Tebar 200 Ribu Benih Ikan Wader dan Tawes

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Sebanyak 200.000 ekor benih ikan wader dan tawes ditebar di Ranu Agung dan Ranu Segaran Kecamatan Tiris, Rabu (23/10/2019). Kegiatan penebaran benih/restocking ini dilakukan Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo.

Penebaran ikan ini dihadiri oleh Forkopimka Tiris (Camat, Kapolsek dan Danramil), Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas), Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) serta para nelayan perairan umum di Ranu Segaran dan Ranu Agung.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Hari Pur Sulistiono mengungkapkan kegiatan restocking ini bertujuan untuk melakukan pemulihan dan pengkayaan sumber daya ikan di wilayah perairan umum, khususnya perairan umum tertutup (ranu).

“Jenis ikan yang ditebar di Ranu Agung dan Ranu Segaran ini terdiri dari benih wader sebanyak 100.000 ekor dan benih tawes sebanyak 100.000 ekor. Ini merupakan wujud untuk melestarikan lingkungan hidup terutama ekosistem ikan di danau agar bisa dimanfaatkan warga sekitar,” katanya.

Menurut Ipung, kegiatan restocking ini terdiri dari beberapa tahap pelaksanaan. Yakni, hari pertama adalah penebaran benih di sekitar lokasi penenggelaman kubus berongga dan hari kedua berupa kegiatan sosialisasi tentang pengelolaan perairan umum berbasis konservasi.

“Selain adanya pemulihan dan pengkayaan SDI di Ranu Agung dan Ranu Segaran, kegiatan ini diharapkan dapat mendidik masyarakat agar lebih bijak dalam memanfaatkan dan mengelola perairan umum. Yang awalnya bersifat eksploitasi bisa perlahan-lahan bergeser ke pemanfaatan SDA dan SDI berbasis konservasi tanpa menghilangkan nilai manfaat dari sisi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” harapnya. (wan)

cww trust seal