Monday, November 23, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Diskan Sosialisasikan Gemarikan dan PMT Bagi Balita

Diskan Sosialisasikan Gemarikan dan PMT Bagi Balita

Reporter : Syamsul Akbar
PAKUNIRAN – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita di 3 (tiga) posyandu di Kabupaten Probolinggo selama bulan Pebruari 2020. Program ini merupakan kegiatan pelayanan, baik kegiatan promotif/preventif maupun kuratif/rehabilitatif melalui promosi Gemarikan.

Ketiga posyandu tersebut diantaranya Posyandu Widoro Desa Widoro Kecamatan Krejengan serta Posyandu Krajan 1 dan Posyandu Patemon Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran.

Rabu (19/2/2020), sosialisasi Gemarikan dan pemberian makanan tambahan bagi balita ini dilaksanakan di Posyandu Krajan 1 Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran dengan sasaran 50 orang balita.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan Suryana Nuring Perbawani mengungkapkan pemberian suplementasi gizi merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka mencukupi kekurangan kebutuhan gizi dari konsumsi makan harian yang berakibat pada timbulnya masalah kesehatan dan gizi pada kelompok rawan gizi serta memberikan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

“Sementara pemberian makanan tambahan adalah upaya untuk mencukupi kekurangan kebutuhan gizi dari konsumsi makan harian yang berakibat pada timbulnya masalah kesehatan dan gizi yang berakibat pada stunting pada kelompok rawan gizi,” katanya.

Menurut Nuring, kegiatan ini bertujuan memberikan sosialisasi Gemarikan dan pemberian makanan tambahan berupa produk olahan hasil perikanan berupa abon ikan, dendeng ikan dan nugget ikan kepada balita melalui posyandu di Kabupaten Probolinggo serta memberikan informasi kepada petugas posyandu akan pentingnya nilai gizi ikan bagi balita dan ibu hamil.

“Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika mengkonsumsi ikan setiap hari. Diantaranya meningkatkan kecerdasan otak pada anak, mencegah demensia, mengatasi penyakit kanker, menyehatkan jantung, membantu menyehatkan persendian, menyehatkan mata, membantu kesehatan janin pada ibu hamil, menyehatkan kulit, menurunkan berat badan serta menjaga kekebalan tubuh,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal