Friday, November 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Gelar Lomba Memasak Cipta Menu Ikan

Diskan Gelar Lomba Memasak Cipta Menu Ikan

Reporter : Mujiono
GENDING – Dalam rangka menambah pengetahuan memasak demi meningkatkan pertumbuhan pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo menggelar Lomba Cipta Menu Ikan di Obyek Wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Selasa (25/6/2019).

Kegiatan yang mengambil tema “Ragam Menu Masakan Dalam Rangka Mencegah Stunting” ini diikuti oleh TP PKK Kecamatan dari 24 Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Dimana masing-masing kecamatan mengirimkan 2 (dua) orang perwakilannya.

Sebagai dewan juri yang bertugas untuk menilai kegiatan lomba memasak cipta menu ikan ini adalah Chef Suntono dari Jiwa Jawa Bromo, Ketua Pokja III TP. PKK Kabupaten Probolinggo Ny. Nurhayati Halim dan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dari Ketua Persagi Kabupaten Probolinggo Sri Astutik.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Forikan Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko melihat dari dekat kegiatan lomba memasak cipta menu ikan sekaligus meninjau para peserta lomba masak yang didampingi langsung oleh 3 (tiga) dewan juri.

Pada lomba ini, para peserta diberikan waktu selama 60 menit mulai pada pukul 07.15 WIB hingga 08.15 WIB. Dalam kurun waktu tersebut peserta dari TP. PKK Kecamatan ini unjuk kebolehan menampilkan kreasinya membuat masakan dengan menu spesial yang berbahan dasar ikan.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kahupaten Probolinggo Dedy Isfandi menyampaikan dengan rendahnya tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Probolinggo, perlu ditingkatkan penanaman kesadaran pola konsumsi ikan dimulai sejak dini yang dapat membantu pertumbuhan anak dengan baik.

Sementara Ketua Umum Forikan Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyatakan selain dapat mendorong masyarakat untuk lebih kreatif dan inovasi dalam mengembangkan menu masakan berbahan baku ikan, kegiatan ini juga bertujuan dapat mendukung pemanfaatan sumber daya ikan dan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi ikan.

“Semoga dengan digelarnya lomba ini, dapat menginspirasi ibu-ibu TP. PKK Kecamatan agar semakin kreatif dalam memasak, dapat mempromosikan hasil masakan berbahan baku ikan sekaligus meningkatkan kesehatan dan mencegah adanya stunting pada anak,” harapnya.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri, juara pertama diraih oleh TP. PKK Kecamatan Tegalsiwalan, juara kedua diraih oleh TP. PKK Kecamatan Sukapura, juara ketiga diraih oleh TP. PKK Kecamatan Dringu. Sedangkan juara harapan pertama diraih oleh TP. PKK Kecamatan Krucil dan juara harapan kedua diraih oleh TP. PKK Kecamatan Besuk.

Selanjutnya, Ketua Umum Forikan Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyerahkan langsung piala penghargaan dan uang pembinaan kepada masing-masing pemenang didampingi Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi. (y0n)

cww trust seal