Saturday, December 7, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Gelar Bimtek Penguatan Kelembagaan Melalui Koperasi

Diskan Gelar Bimtek Penguatan Kelembagaan Melalui Koperasi

Reporter : Hendra Trisianto
PROBOLINGGO – Sebagai upaya peningkatan kapasitas kelembagaan pelaku utama perikanan, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) penguatan kelembagaan melalui koperasi, Kamis (8/8/2019).

Kegiatan yang digelar di ruang pertemuan Orin Hall and Resto Probolinggo ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Tongas, Sumberasih, Dringu, Gending, Pajarakan, Kraksaan, Paiton, Maron dan Wonometo.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang Proses Pendirian Koperasi dan Koperasi Jasa LKM (Lembaga Keuangan Mikro) dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Pembinaan dan Kegiatan Ijn Operasional Koperasi Jasa LKM dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang serta Success Story Koperasi Nelayan Projo Mino Bantul dari Koperasi Nelayan Projo Mino Bantul.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kasi Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Fonny Sukma Apsari mengungkapkan dimaksudkan untuk penguatan kelembagaan kelompok. “Serta mendorong kelompok untuk bisa berkoperasi dan bisa terbentuk lembaga keuangan mikro sebagai alternatif pembiayaan mandiri di luar perbankan,” katanya.

Menurut Fonny, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan pelaku utama perikanan di Kabupaten Probolinggo. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang manajemen koperasi. Sekaligus untuk memunculkan kelompok perikanan untuk ber pra koperasi di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal