Friday, October 23, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Berikan Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan

Diskan Berikan Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Sebagai upaya turut serta mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan diversifikasi produk olahan hasil perikanan di RM New Rahayu Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Senin (17/2/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta terdiri dari 18 orang dari BDT (Basis Data Terpadu) dan 12 orang dari Poklahsar (Kelompok Pengolah dan Pemasar) di Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka diajari pembuatan dendeng ikan dan siomay udang oleh narasumber guru dari SMK Negeri 4 Kota Probolinggo.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan Suryana Nuring Perbawani mengungkapkan pelatihan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan serta mengentaskan kemiskinan bagi masyarakat tentang produk olahan berbahan baku ikan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan peluang usaha sekaligus peningkatan lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” katanya.

Menurut Nuring, diversifikasi atau penganekaragaman produk olahan hasil perikanan merupakan pengembangan produk hasil perikanan sehingga mampu memberikan nilai tambah, baik olahan tradisional maupun modern guna mengoptimalkan pemanfaatan produksi hasil perikanan.

“Pengembangan produk hasil perikanan dilakukan untuk memberikan alternatif pada masyarakat dalam mengkonsumi produk perikanan yang tentunya sesuai dengan selera masyarakat, aman dan sehat,” jelasnya.

Nuring menambahkan potensi perikanan di Kabupaten Probolinggo sangat besar untuk dikembangkan. Sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya. “Dengan adanya pelatihan ini peserta bisa mempunyai pengalaman dan keahlian dan sekaligus mata pencaharian baru guna meningkatkan perekonomian keluarga,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal