Friday, November 22, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Berikan Pelatihan Diversifikasi Pengolahan Produk Perikanan

Diskan Berikan Pelatihan Diversifikasi Pengolahan Produk Perikanan

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo, Senin (8/4/2019) memberikan pelatihan diversifikasi pengolahan produk perikanan di RM Selera Desa Pajurangan Kecamatan Gending.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta terdiri dari unsur istri pembudidaya dan istri nelayan yang ada di Kecamatan Gending. Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi tentang praktek diversifikasi pengolahan lele berupa fillet lele dan dendeng lele dari praktisi Novita Sari Biavri.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kasi Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Fonny Sukma Apsari mengatakan pelatihan diversifikasi pengolahan produk perikanan ini dimaksudkan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pengolah tentang produk olahan berbahan baku ikan lele.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku usaha, meningkatkan peluang usaha dan peningkatan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya istri pembudidaya dan istri nelayan,” katanya.

Menurut Fonny, diversifikasi atau penganekaragaman produk olahan hasil perikanan merupakan pengembangan produk hasil perikanan sehingga mampu memberikan nilai tambah, baik olahan tradisional maupun modern guna mengoptimalkan pemanfaatan produksi hasil perikanan.

“Pengembangan produk hasil perikanan ini bertujuan untuk memberikan alternatif pada masyarakat dalam mengkonsumsi produk perikanan yang tentunya sesuai dengan selera masyarakat aman dan sehat,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal