Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Berikan Pelatihan Budidaya Ikan Bagi Tenaga Kerja dan Masyarakat

Diskan Berikan Pelatihan Budidaya Ikan Bagi Tenaga Kerja dan Masyarakat

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan budidaya ikan bagi tenaga kerja dan masyarakat yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) kemiskinan dan berminat untuk melakukan budidaya ikan, Kamis (18/7/2019) di RM Ayam Bakar Bawangan Kecamatan Dringu.

Kegiatan yang didanai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2019 ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Gending, Gading, Pakuniran, Leces, Sumberasih, Bantaran dan Maron. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang teknologi budidaya lele dari Diskan Kabupaten Probolinggo dan teknologi budidaya ikan bio natural (ramah lingkungan) dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengatakan potensi Kabupaten Probolinggo untuk budidaya ikan terutama budidaya lele masih sangat tinggi. Keberhasilan budidaya lele yang dahulu konsumsi didatangkan dari Jember dan Lumajang, sekarang sudah mampu mencukupi kebutuhan sendiri dan mengirim ke daerah lain seperti Situbondo, Pasuruan dan Kota Probolinggo.

“Potensi ini kalau dikelola dengan baik tentunya akan membuka lapangan usaha bagi masyarakat. Jika sudah demikian maka akan memberikan nilai tambah pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Hari Pur Sulistiono mengungkapkan pelatihan ini diberikan dalam rangka untuk menumbuhkan minat budidaya ikan, terutama lele bagi warga masyarakat yang ingin menekuni budidaya. “Disamping itu meningkatkan kemampuan kapasitas teknis budidaya lele,” ungkapnya.

Menurut Ipung, panggilan akrab Hari Pur Sulistiono, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal teknologi budidaya ikan lele bagi pelaku budidaya maupun tenaga kerja yang akan melakukan usaha budidaya ikan lele.

“Selain itu memberikan informasi teknologi budidaya dengan teknologi yang ramah lingkungan dengan efisiensi budidaya yang lebih tinggi. Harapannya mereka bisa melakukan kegiatan budidaya ikan lele secara efisien dan menularkan ilmunya kepada kelompoknya masing-masing,” harapnya. (wan)

cww trust seal