Monday, September 16, 2019
Depan > Pendidikan > Direktur Program INOVASI Mark Heward Kunjungi Dua Sekolah di Paiton

Direktur Program INOVASI Mark Heward Kunjungi Dua Sekolah di Paiton

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Direktur Program INOVASI Mark Heward didampingi Program Manager INOVASI Jawa Timur Silvana Erlina bersama tim melakukan kunjungan ke MI Az Zainiyah 3 Desa Randumerak Kecamatan Paiton dan SDN Sukodadi 2 Kecamatan Paiton (perwakilan dari SD dan MI mitra), Sabtu (16/3/2019).

Kedatangan Direktur Program INOVASI Mark Heward ini disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina didampingi Kepala Bidang Pembinaan SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Sri Agus Indariyati serta DF Probolinggo Program INOVASI Vita Novianti.

Direktur Program INOVASI Mark Heward mengungkapkan kunjungannya di MI Az Zainiyah 3 dan SDN Sukodadi 2 bertujuan untuk melihat implementasi program Literasi dan Multigrade di Kecamatan Paiton sekaligus memotivasi agar para pendidik lebih kreatif dan inovatif.

“Kami berharap Program INOVASI menjadi inspirasi dan motivasi untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Probolinggo. Sekaligus meningkatkan komitmen stakeholder pendidikan di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Dari kunjungan tersebut Mark Heward mengaku sangat puas dan melakukan evaluasi bahwa dari Program INOVASI ini terlihat perubahan di kelas mulai pengelolaan kelas sehingga proses pembelajaran menyenangkan siswa. Tentunya dukungan dan komitmen kepala sekolah dan guru yang baik.

“Terima kasih atas support yang luar biasa dari Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo. Diantaranya cost sharing dari APBD tahun 2019 untuk penyebarluasan program INOVASI di kecamatan lain serta support kebijakan melalui penyusunan Perbup (Peraturan Bupati) Tentang Gerakan Literasi dan Multigrade di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan Program INOVASI ini merupakan kerja sama antara Pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Pemerintah Australia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar.

“Kabupaten Probolinggo mendapatkan 2 Program INOVASI. Yakni, Program pembelajaran kelas rangkap (multi grade) pada 8 sekolah-sekolah kecil di Kecamatan Sukspura dan program literasi yang salah satunya di SDN Sukodadi 2 Kecamatan Paiton,” katanya.

Dewi mengharapkan program-program ini ke depan dapat direplika tidak hanya pada sekolah-sekolah lain di Kabupaten Probolinggo tetapi juga menjadi piloting bagi daerah lain di Indonesia. (wan)