Wednesday, November 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Dinsos Gelar Rakor TKSK

Dinsos Gelar Rakor TKSK

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Rabu (29/1/2020). Selain itu dilakukan pula penandatanganan pakta integritas TKSK.

Rakor TKSK yang dipimpin oleh Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif ini diikuti oleh 54 orang peserta terdiri dari 30 orang jajaran dari Dinsos Kabupaten Probolinggo dan 24 orang TKSK di Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif meminta supaya kinerja TKSK agar lebih ditingkatkan terutama dalam pelaksanaan verifikasi dan validasi (verval) BDT (Basis Data Terpadu) agar bantuan sosial (bansos) yang diberikan sesuai sasaran.

“Mohon peningkatan kinerja TKSK lebih ditingkatkan lagi. Verval BDT harus tetap dilaksanakan. Pendataan penerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) perlu diverifikasi terlebih dengan adanya data ganda,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kabupaten Probolinggo Rigustina mengungkapkan rakor ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kinerja TKSK yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Dengan adanya rakor ini diharapkan TKSK dapat melaksanakan penanganan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), khususnya penanganan Fakmis (fakir miskin) melalui Bansos BPNT dan PKH (Program Keluarga Harapan) dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” harapnya.

Menurut Tina, pelayanan rumah singgah yang ada di Kabupaten Probolinggo sudah mulai dilaksanakan. “Disamping itu, perlu dilakukan updating penerima sembako bagi veteran serta melakukan pendataan KUBE baik yang berasal dari dana APBN maupun APBD mulai tahun 2016 hingga 2018,” jelasnya.

Tina menerangkan perlu dilakukan koordinasi yang baik antara PSM, pendamping PKH dan TKSK dalam penanganan PMKS di Kabupaten Probolinggo. Sehingga program-program yang sudah dirancang oleh pemerintah bisa berjalan secara maksimal.

“Menghadapi Sensus Penduduk tahun 2020 yang akan dilaksanakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Probolinggo, maka dalam bulan Pebruari hingga Maret data BDT penerima BPNT dan PKH harus sudah selesai,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal