Tuesday, November 12, 2019
Depan > Kesehatan > Dinkes Gelar Workshop Pengembangan Saka Bakti Husada

Dinkes Gelar Workshop Pengembangan Saka Bakti Husada

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka mendukung program prioritas nasional bidang kesehatan di Kabupaten robolinggo tahun 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo menggelar workshop pengembangan Saka Bakti Husada (SBH) di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Senin (9/9/2019).

Workshop pengembangan SBH yang dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko ini dihadiri oleh Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto dan pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh 205 orang peserta terdiri dari lintas sektor dan lintas program Kabupaten Probolinggo, Kwartir Ranting dan Kamabiran, instruktur dan Pamong Saka serta anggota SBH Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi lintas program dan lintas sektor dalam mengembangkan SBH di Kabupaten Probolinggo untuk mendukung program prioritas nasional bidang kesehatan.

“Secara khusus, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan koordinasi lintas program dan lintas sektor, meningkatkan pengetahuan tentang kelembagaan SBH di gerakan pramuka serta mengaktifkan Saka Bakti Husada dalam rangka mendukung program prioritas kesehatan,” katanya.

Sementara Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pramuka merupakan modal pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya.

“Anggota pramuka dari penegak dan pandega melalui Saka Bakti Husada sebagai kader bangsa dan kader pembaharu di bidang kesehatan sangat perlu mendapat pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, bakat, ketrampilan dan pengalamannya serta menjadi agen perubahan dalam bidang kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut diberikan paparan panel tentang Kelembagaan SBH oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Jawa Timur serta Peran SBH dalam Mendukung Program Prioritas Nasional Bidang Kesehatan oleh Dinkes Provinsi Jawa Timur. (wan)