Monday, June 1, 2020
Depan > Kesehatan > Dinkes Evaluasi Kegiatan Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat

Dinkes Evaluasi Kegiatan Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo melakukan evaluasi kegiatan promosi kesehatan (promkes) dan pemberdayaan masyarakat tahun anggaran 2020, Selasa (14/1/2020).

Kegiatan yang didanai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2020 ini diikuti oleh Pengelola Program PPM Kabupaten dan Pelaksana Promkes 33 Puskesmas di Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto melalui Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Sri Rusminah mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi petugas promkes kabupaten dan petugas promkes puskesmas dalam pelaksanaan kegiatan promosi dan pemberdayaan masyarakat.

“Setidaknya nantinya Pelaksana Promkes Puskesmas mengetahui hasil evaluasi Program Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Tahun Anggaran 2020, Pelaksana Promkes Puskesmas memahami program kerja Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) 2020 serta Pelaksana Promkes memahami PKP Program Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Rusminah, peran petugas kesehatan sangat penting dalam membina dan memfasilitasi anggota masyarakat melalui pemberdayaan program promosi kesehatan seperti Desa Siaga, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta pembinaan terhadap UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) yang ada.

“Selama ini pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan petugas promosi kesehatan terutama yang ada di puskesmas kurang mendapat perhatian. Dalam upaya untuk penyampaian informasi program promkes, maka perlu diadakan kegiatan pertemuan petugas promosi kesehatan di puskesmas yang dilaksanakan kegiatannya oleh Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Rusminah menambahkan peran promosi kesehatan adalah memberdayakan masyarakat agar tahu, mau dan mampu secara mandiri berperilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitarnya. “Masyarakat akan mampu berperilaku hidup bersih dan sehat apabila mempunyai pengetahuan, kemauan dan kemampuan untuk menerapkannya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal