Sunday, January 26, 2020
Depan > Kesehatan > Dinkes Evaluasi e-Promkes Bagi Petugas Puskesmas

Dinkes Evaluasi e-Promkes Bagi Petugas Puskesmas

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo menggelar pertemuan untuk melakukan evaluasi e-promkes bagi petugas puskesmas di Pesanggrahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Jum’at hingga Sabtu (13-14/12/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 33 orang pelaksana Promkes Puskesmas se-Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi mengenai penjelasan modul pengisian SIP online, praktek SIP online serta evaluasi e-promkes dari narasumber Tim SIK Kabupaten Probolinggo dan Lembaga Pengembang Aplikasi.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto melalui Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Sri Rusminah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan evaluasi e-promkes di Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, sosialisasi sistim informasi posyandu secara online sehingga peserta dapat melakukan praktek pengisian SIP online, melakukan evaluasi aplikasi siramah beserta pengembang serta adanya perbaikan aplikasi dari pengembang tentang aplikasi e-promkes,” katanya.

Menurut Rusminah, dalam rangka mencapai visi pembangunan Kabupaten Probolinggo yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Probolinggo berakhlak mulia yang sejahtera, berkeadilan dan berdaya saing, maka pihaknya berupaya mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat hidup sehat dengan meningkatkan upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat diperlukan dukungan data yang akurat. Untuk mendukung penyediaan data yang akurat dan terkini maka dilaksanakan pengembangan aplikasi promosi kesehatan,” jelasnya.

Rusminah menerangkan di Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat mengembangkan laporan online yang berisi tentang penyediaan data PHBS rumah rangga melalui siramah, laporan kegiatan penyuluhan dan laporan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dikemas dalam aplikasi e-promkes.

“Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan akan tersedianya data berjenjang mulai dari desa sampai kabupaten secara online. Namun dalam penerapan aplikasi tersebut, masih banyak permasalahan dan kendala yang ditemui di lapangan. Evaluasi e-promkes bagi petugas puskesmas diperlukan agar pelaksanaan laporan kegiatan promosi dan pemberdayaan masyarakat di tahun mendatang berjalan lebih lancar,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal