Sunday, April 5, 2020
Depan > Kesehatan > Dinkes Berikan Pelatihan Dasar Komputer dan Jaringan

Dinkes Berikan Pelatihan Dasar Komputer dan Jaringan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan PC hardware and network technical support atau pelatihan dasar komputer dan jaringan di Pesanggrahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Senin hingga Rabu (27-29/1/2020).

Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini diikuti oleh puluhan peserta terdiri dari staf Dinkes Kabupaten Probolinggo dan Puskesmas di Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka dipandu oleh instruktur yang berasal dari Inixindo Surabaya.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto melalui Kasi Sumber Daya Manusia Kesehatan Nur Rachmad Sholeh mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga operator di Dinkes Kabupaten Probolinggo dan puskesmas di Kabupaten Probolinggo.

“Pelatihan ini dilakukan dalam rangka untuk mendukung optimalisasi simpustronik di Kabupaten Probolinggo. Paling tidak jika ada trouble-trouble masalah hardware atau jaringan bisa langsung teratasi dengan baik. Sehingga tidak harus menunggu tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Menurut Rachmad, saat ini sudah memasuki era digital revolusi industry 4.0. Dengan perkembangan ini maka semua dituntut paperless dan semua terkoneksi satu dengan yang lain. Apalagi untuk mendukung sistem rujukan yang sudah menerapkan sistem online.

“Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini, maka tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dan puskesmas harus bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi yang ada,” jelasnya.

Rachmad menerangkan semua tenaga kesehatan di Kabupaten Probolinggo harus sudah melek informasi dan teknologi. Apalagi yang dilayani adalah masyarakat yang sudah bergeser ke budaya teknologi, dimana hampir semua warga sudah pegang android.

“Simpustronik adalah layanan data di Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dan puskesmas di Kabupaten Probolinggo. Ke depan akan menjadi sistem big data di Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. Semua ini harus didukung oleh tenaga yang memiliki kemampuan mengenal dan mengoperasikan komputer dan jaringan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal