Wednesday, November 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Desa Sentul Ikuti Penilaian Lomba Dasa Wisma 2019

Desa Sentul Ikuti Penilaian Lomba Dasa Wisma 2019

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Tim Penggerak PKK Desa Sentul Kecamatan Gading mengikuti penilaian lomba Dasa Wisma tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019 oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo. Senin (14/10/2019).

Kedatangan tim penilai yang dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko ini disambut oleh Camat Gading Taufik Alami didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gading serta Kepala Desa Sentul Timbul Sujatmoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sentul Musrifatun.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sentul Musrifatun mengungkapkan selama ini kegiatan yang sudah dilakukan oleh Tim Penggerak PKK di Desa Sentul diantaranya pengajian, arisan setiap bulan pertemuan hingga sarwah-sarwah. Untuk kegiatan posyandu, ada dua posyandu yang salah satunya sudah mandiri.

“Kami menginginkan untuk ke depannya, Tim Penggerak PKK Desa Sentul bisa tambah maju. Oleh karena itu mohon bimbingan dan ilmunya, karena memang pengurus ingin selalu belajar dan belajar. Mudah-mudahan dengan apa yang ada di Desa Sentul ini bisa menjadi juara sebagai motivasi bagi semua masyarakat yang ada di Desa Sentul,” katanya.

Sementara Camat Gading Taufik Alami mengatakan selama ini kegiatan Dasa Wisma di Desa Sentul Kecamatan Gading sudah berjalan apa adanya. Sehingga penilaian ini murni dan asli, bukan rekayasa.

“Disini, di depan setiap rumah ada lubang bioporinya dengan harapannya jangan sampai ada air yang langsung mengalir ke laut. Air itu harus ditampung dulu, demi sumber mata air di Desa Sentul. Alhamdulillah, dalam setiap kegiatan kerja bakti selalu dibantu oleh anggota dari Polsek dan Koramil Gading. Sebuah sinergitas yang luar biasa di Kecamatan Gading,” ungkapnya.

Menurut Taufik, terkait dengan hadiah apabila nantinya keluar sebagai juara hal itu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Sentul Kecamatan Gading. Harapannya ke depan, Desa Sentul bisa menjadi sebagai titik segitiga emas di Kecamatan Gading bersama dengan Desa Batur dan Betek Taman.

“Inilah calon embrio desa maju yang akan kami genjot untuk membangun wisata arung jeram. Mungkin dari lomba ini, nantinya akan muncul sesuatu yang baru. Insya Allah manakala juara inilah produk hasil penilaian lomba Dasa Wisma. Mohon dukungan untuk mengorbitkan Desa Sentul sebagai pilar wisata di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa kedatangannya di Desa Sentul ini bertujuan untuk melihat secara langsung kegiatan Dasa Wisma yang sudah dilakukan selama ini. “Dengan penilaian Lomba Dasa Wisma ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Desa Sentul,” katanya.

Kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gading Ny. Nunung meminta agar kegiatan Dasa Wisma tidak hanya sampai disini saja. Jangan sampai di Desa Sentul sudah bagus, tetapi desa-desa lainnya masih kurang. “Setelah Desa Sentul tertata dengan baik, maka harapannya desa lain juga bisa membentuk Dasa Wisma,” jelasnya.

Istri Wakil Bupati Probolinggo ini mengharapkan agar Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sentul agar bukan hanya penilaian saja, setelah itu tidak ada kelanjutannya. Sehingga penilaian inipun menjadi percuma. “Setidaknya nanti Desa Sentul bisa menjadi contoh bagi desa lain di seluruh Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Menurut Ny. Nunung, Dasa Wisma ini dibentuk dengan tujuan untuk mendata keluarga yang ada di dusun sehingga datanya benar-benar valid. Seperti masalah PKH, banyak yang tidak tepat sasaran karena tidak mempunyai data yang valid.

“Paling tidak nantinya dengan data yang valid akan membantu memperingan tugas kepala desa. Karena ibu-ibunya giat mencatat administrasi yang ada di desa. Kalau PKK sudah jalan, maka kader posyandu juga harus jalan. Jika pemberdayaannya dianggarkan maka tidak akan ada lagi keluarga msikin. Terima kasih atas kesediaannya mau menjadi kader PKK,” pungkasnya.

Selain di Desa Sentul Kecamatan Gading, penilaian lomba Dasa Wisma tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019 ini juga dilaksanakan di 23 desa di 23 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. (wan)

cww trust seal