Sunday, December 8, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Dandim 0820 Probolinggo Berikan Peserta Diklatpim III Wawasan Kebangsaan

Dandim 0820 Probolinggo Berikan Peserta Diklatpim III Wawasan Kebangsaan

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Di era yang sering orang banyak mengatakan sebagai era globalisasi seperti saat ini, teknologi berkembang begitu cepat berdampak pada pengaruh asing yang tidak sesuai dengan perilaku kehidupan bangsa Indonesia (Pancasila) yang pada akhirnya turut mempengaruhi dan menjadi menetap sebagai tata nilai bermasyarakat dan berbangsa.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo ketika memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 31 orang eserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III angkatan ke-VII tahun 2019 di ruang pertemuan Diklat BKD Kabupaten Probolinggo, Sabtu (6/4/2019).

“Doktrin kita sebagai alat negara haruslah berpedoman kepada Pancasila dan Undang-undang (UUD) tahun 1945 sebagai landasan dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa,” katanya.

Dandim 0820 Probolinggo juga menyinggung persoalan perbedaan pandangan dalam Pilpres merupakan hal yang wajar dalam berdemokrasi. Namun menjadi rumit adalah turut diramaikan dengan bermunculan berita-berita hoax yang membuat kebingungan bagi masyarakat. “Tentunya TNI dengan sikap tetap netral tanpa memihak kepada salah satu kelompok manapun,” terangnya.

Menurut Dandim Letkol Inf Imam Wibowo, sebagai calon-calon pemimpin harus memberikan contoh, harus bisa memberikan wawasan dan penjelasan dengan banyaknya perubahan dan dinamika yang begitu cepat.
Pengetahuan dan pelajaran sejarah juga diperlukan untuk mengenang dan mengingatkan kepada generasi penerus yang akhirnya harus mengajarkan norma-norma yang sesuai dengan Pancasila.

“Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat membuat kita semua lebih mencintai tanah air Indonesia dan dapat membelanya dengan cara-cara yang benar seperti yang telah diatur dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal