Monday, November 23, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Ciptakan Kepedulian Terhadap Lingkungan Melalui EJGSI 2020

Ciptakan Kepedulian Terhadap Lingkungan Melalui EJGSI 2020

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – East Java Green Scout Innovation (EJGSI) tahun 2020 Zona 7 Probolinggo yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur diisi dengan sejumlah kegiatan bakti sosial sebagai upaya menciptakan kepedulian terhadap lingkungan di Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton, Rabu (7/10/2020).

Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Edy Junaedi mengatakan EJGSI tahun 2020 ini dimaksudkan menciptakan gerakan kerelawanan dan kepedulian yang kuat, terpercaya dan massif sebagai bukti positif keberadaan Gerakan Pramuka bagi masyarakat, bangsa dan Negara.

“Tujuannya mewujudkan sikap dan karakter kepedulian terhadap lingkungan, mewujudkan kader pramuka peduli pelestarian lingkungan hidup, mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat serta memberi dampak positif dari Gerakan Pramuka kepada masyarakat,” katanya.

Rangkaian kegiatan EJGSI ini dilakukan dengan pengecatan fasilitas umum mulai dari arah utara pintu masuk gang hingga menuju Candi Jabung, peninjauan rumah tidak layak huni yang telah dipugar, pemberian paket bahan pangan dan pemberian tempat sampah di lingkungan Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton.

Untuk pengecatan dilakukan untuk menambah keindahan lingkungan sekitar dan menambah kesan bersih. Pengecatan dilakukan pada pagar, polisi tidur, trotoar dan gapura desa.

“Sasaran utamanya adalah lokasi yang menjadi tempat berkumpul warga dan tempat yang dianggap kotor sehingga perlu diperindah agar sedap dipandang. Pengecatan dilaksanakan juga untuk menjauhkan kesan jorok. Khususnya lokasi atau sisi jalan yang jarang dirawat oleh warga,” kata Tim Peninjau Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Ahmad Masykurrohman.

Menurut Masykurrohma, rumah yang dilakukan pemugaran merupakan rumah yang sudah direkomendasikan oleh pemerintah desa dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi warga dan kondisi rumah yang ditempatinya. “Dalam kesempatan ini juga diserahkan sebanyak 100 unit tempat sampah dan 150 paket bahan pangan kepada keluarga penerima manfaat,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal