Saturday, May 25, 2019
Depan > Pendidikan > Ceria, Suasana Bermain Pos PAUD Desa Randujalak

Ceria, Suasana Bermain Pos PAUD Desa Randujalak

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK
– Kegiatan bermain Pos PAUD Desa Randujalak Kecamatan Besuk, Jum’at (18/1/2019) sore berlangsung semarak, ceria dan menyenangkan. Suasana inipun tidak luput dari pengamatan dan pengawasan dari Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo.

Kegiatan ini dihadiri peserta didik bersama ibunya sebanyak 19 anak, Bunda Pos PAUD sebanyak 3 (tiga) orang dan Fasilitator Pendamping dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Cendekia Kecamatan Besuk sebanyak 4 (empat) orang.

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo berharap pada tahun 2019 ini layanan PAUD dan Pos PAUD di Kecamatan Besuk semakin baik, terarah dan terukur sesuai 8 standar layanan pendidikan.

“Lembaga secara bertahap akan kami dampingi agar lebih siap menyambut akreditasi lembaga dari tim assesor BAN (Badan Akreditasi Nasional) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) PNF (Pendidikan Non Formal) dengan tagline menyiapkan PAUD berkualitas. Materi bermain diantaranya melempar bola, mengenalkan warna dan menyusun menara dilengkapi dengan stimulasi PMT berupa salad buah,” katanya.

Dengan tugas tambahan ini Massajo mencoba mendesain pola-pola komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder/pemangku kepentingan di Kecamatan Besuk. Tidak mudah untuk menyusun konsep menuju layanan PAUD dan Pos PAUD berkualitas di Kecamatan Bsuk, apalagi mengimplementasikannya.

“Namun paling tidak minimal dalam penyusunan kerangka acuan kerja dalam tahun 2019 ini ada beberapa point yang dapat disiapkan untuk dikoordinasikan, disinergikan dengan pihak kecamatan, puskesmas dan desa dengan difasilitasi oleh Bapak Camat. Selanjutnya pemetaan potensi dan daya dukung lembaga PAUD, menyiapkan program-program inovatif, menyiapkan lembaga PAUD yang terakreditasi serta dukungan para wali murid, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain sebagainya,” jelasnya.

Menurut Massajo, sekurang-kurangnya layanan PAUD berkualitas itu akan terwujud bilamana ada nilai investasi pendidikan, suasana tempat aman, nyaman dan sehat bagi tumbuh kembang anak, pendidiknya kompeten, fasilitas dan sarpras bersesuaian dan sangat menunjang tumbuh kembang anak serta terpenuhinya standar pelayanan minimal PAUD.

“Hal itu sangat sulit didapat tanpa ada kerja sama yang baik dan pemahaman yang sama bahwa filosofi layanan PAUD dan PNF adalah dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” tegasnya.

Untuk menyemangati kegiatan menuju PAUD berkualitas, nantinya akan diawali dengan even yang menakjubkan dan saat ini tengah dipersiapkan serta sudah disetujui oleh Camat Besuk Teguh Prihantoro berupa “Jambore PAUD dan Pos PAUD se-Kecamatan Besuk”. (wan)