Tuesday, August 11, 2020
Depan > Kesehatan > Cegah Stunting Melalui Gizi Yang Optimal Untuk Remaja

Cegah Stunting Melalui Gizi Yang Optimal Untuk Remaja

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kabupaten Probolinggo bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo mempunyai cara tersendiri dalam memperingati Hari Gizi Nasional ke-60 Tahun 2020.

Salah satunya dengan menggelar kegiatan bertajuk “Sepekan Bersama Persagi Mencegah Stunting Melalui Gizi Yang Optimal Untuk Remaja” pada 27 hingga 31 Januari 2020. Kegiatan ini dipusatkan di 7 (tujuh) kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Sasarannya adalah 50 orang remaja putri.

Yakni, MA Bahrul Ulum Kecamatan Besuk, SMA Wali Songo Kecamatan Sumberasih, SMK Negeri Banyuanyar, SMA Negeri 1 Gending, MA NU Kraksaan, SMP Negeri 1 Paiton dan SMA Negeri 1 Dringu.

“Kegiatan yang dilakukan berupa pemberian tablet tambah darah pada remaja putri, minum tablet tambah darah bersama-sama serta penyuluhan dan pemeriksaan status gizi remaja putri,” kata Ketua DPC Persagi Kabupaten Probolinggo Sri Astutik.

Menurut Sri Astutik menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mencegah stunting dan kematian bayi melalui remaja putri yang sehat, mencegah terjadinya anemia pada remaja putri serta meningkatkan pengetahuan remaja mengenai gizi seimbang untuk remaja.

“Dengan remaja putri yang sehat tentunya akan melahirkan generasi berikutnya yang sehat dan akan mencegah terjadinya stunting dan kematian bayi di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Terpisah Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tinggi atas upaya yang dilakukan oleh Persagi Kabupaten Probolinggo sebagai upaya untuk percepatan penurunan stunting, gizi buruk serta kematian ibu dan bayi di Kabupaten Probolinggo.

“Semoga kegiatan ini sepekan bersama Persagi mencegah stunting melalui gizi yang optimal untuk remaja ini dapat memberikan manfaat dan dapat mencegah masalah kesehatan terutama stunting dan balita gizi buruk serta kematian bayi,” harapnya. (wan)

cww trust seal