Friday, October 23, 2020
Depan > Kesehatan > Cegah COVID-19, Pemkab Anggarkan Kampanye Program PHBS

Cegah COVID-19, Pemkab Anggarkan Kampanye Program PHBS

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya untuk menangani dan mencegah penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah mengalokasikan anggaran untuk melakukan kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) atau protokol kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto yang juga Juru Bicara Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Senin (30/3/2020).

“Alhamdulillah, kita sudah melakukan kampanye program PHBS sejak bulan Februari yang lalu. Sekarangpun dengan kegiatan akselerasi ini, Ibu Bupati sudah menginstruksikan semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait untuk menganggarkan hal-hal yang bersifat promosi bahkan sampai desa,” katanya.

Tidak hanya itu jelas Anang, anggaran desapun dengan mandatory yang diberikan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dengan pergeseran-pergeseran anggaran. Sudah diperintahkan kepada seluruh kepala desa untuk melakukan penganggaran sebagai kegiatan-kegiatan pencegahan COVID-19. “Jadi penganggarannya sudah dilakukan oleh semua OPD sampai level desa,” jelasnya.

Menurut Anang, program PHBS merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran COVID-19. Seperti sering mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, rutin berolahraga, istirahat yang cukup serta menjaga pola makan. “Harapannya dengan program PHBS ini Kabupaten Probolinggo bisa bebas dari COVID-19,” harapnya.

Anang menyarankan apabila ada orang yang baru datang dari luar daerah, terutama daerah epicentrum agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan tersebut dan melakukan isolasi di rumah secara mandiri. Terlebih jika mengalami gejala flu atau batuk atau demam.

“Saran saya sudah istirahat di rumah, tidak boleh kontak dulu, jaga kesehatan dan jaga pola makan. Masyarakat tidak perlu bingung, yang penting masyarakat tidak pergi kemana-mana dan jaga kontak,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal