Sunday, December 8, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Bupati Tantri Serahkan Penghargaan Bagi Lima Desa Berpotensi

Bupati Tantri Serahkan Penghargaan Bagi Lima Desa Berpotensi

Reporter : Mujiono
KRUCIL – Program One Village One Destinasion (OVOD) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bekerja sama dengan Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) telah terlaksana dengan baik. Dari hasil seleksi dari 10 nominasi dan terseleksi menjadi 5 (lima) peserta potensi desa terbaik di Kabupaten Probolinggo sesuai dengan keputusan para dewan juri.

Para pemenang OVOD tersebut berkesempatan menerima penghargaan yang diserahkan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah, Sabtu (16/11/2019) di Bumi Perkemahan Desa Bermi Kecamatan Krucil pada momentum Festival Sunggi Susu.

Untuk juara pertama diraih dengan destinasi wisata Air Terjun Jaran Goyang Desa Guyangan Kecamatan Krucil, juara kedua diraih destinasi wisata Pantai Badar Sagara Desa Dringu Kecamatan Dringu, juara ketiga diraih destinasi wisata Rawa Tirta Desa Sumber Kedawung Kecamatan Leces, juara harapan pertama diraih destinasi wisata Pekalen Fun Tubing Desa Maron Kidul Kecamatan Maron dan juara harapan kedua diraih destinasi wisata Taman Mini Desa Rambaan Kecamatan Sumber.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menjelaskan program OVOD ini merupakan sebuah komitmen mewujudkan pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Ini merupakan langkah positif untuk mendukung potensi-potensi wisata dan sebagai pola pemikiran bersama. Kegiatan kolaborasi dan sinergi dengan OPD memang dilakukan untuk menggali potensi di Kabupaten Probolinggo serta menggali potensi di kecamatan maupun di desa-desa di Kabupaten Probolinggo.

“Semua potensi tersebut perlu kita sentuh dan kita bangun menuju pembangunan secara makro Kabupaten Probolinggo yang baldatun toyyibatun warabbun ghafur. Program OVOD telah sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo. Dari 10 desa pada 10 kecamatan akan dihadiahkan sebuah program Desa Emas untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Sementara Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah menyampaikan program OVOD merupakan sebuah sinergitas FKPS, PT. POMI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo untuk menggali potensi-potensi wisata yang sehat di tiap-tiap wilayah.

“Secara nyata telah banyak destinasi wisata yang tersembunyi kaya dengan seni budaya dan banyak produk-produk UKM di Kabupaten Probolinggo. Yang kami terima hingga saat ini, di wilayah terpencilpun mampu menyuguhkan potensi wisata yang sehat,” ungkapnya.

Sedangkan Community & Human Resources Manager PT. POMI-Paiton Energy Bambang Jiwantoro menyatakan apa yang dilakukan selama ini adalah wujud kebersamaan sebagai warga Kabupaten Probolinggo untuk ikut membangun kemandirian. “Semua yang kami lakukan ini semoga bermanfaat demi kemajuan Kabupaten Probolinggo,” katanya. (y0n)

cww trust seal