Wednesday, October 21, 2020
Depan > Pendidikan > Bupati Tantri Pimpin Apel HAB ke-74 Kemenag

Bupati Tantri Pimpin Apel HAB ke-74 Kemenag

Reporter : Hendra Trisianto
PAJARAKAN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo menggelar upacara bersama segenap karyawan-karyawati dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74 di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Probolinggo, Jum’at (03/01/2020) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE. Sementara petugas upacara saat itu adalah gabungan dari ASN lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo serta siswa-siswi MAN 1 dan 2 Probolinggo.

Upacara HAB ke-74 Kementerian Agama Tahun 2020 yang mengusung tema “Umat Rukun, Indonesia Maju” tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso beserta jajaran, perwakilan anggota Forkopimda Probolinggo dan anggota Forkopimka Pajarakan.

Dalam amanatnya, Bupati Tantri menghimbau seluruh jajaran Kementerian Agama dari pusat maupun di daerah agar menjadi agen perubahan untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air yang merupakan modal utama dalam membangun negara dan menjaga integritas Nasional.

Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu seluruh jajaran Kementerian Agama harus mampu mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat,” kata Bupati Tantri.

Bupati Tantri menegaskan bahwa peringatan HAB merupakan tonggak peristiwa penting bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama. Dimana hadirnya Kementerian Agama pada tanggal 3 Januari 1946 yang lalu Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan.

“Peringatan HAB ke-74 ini hendaknya dapat merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah dan penghargaan kepada perintis dan pendiri Kementerian Agama. Keberadaan kita saat ini adalah tidak lepas dari jasa perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu,” tegasnya.

Selanjutnya Bupati Tantri memaparkan bahwa dalam negara Pancasila siapapun dan dengan alasan apapun dilarang melakukan propaganda anti-agama, penistaan ajaran dan simbol agama, pemaksaan agama, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama tertentu. “Demikian juga dengan segala kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara. Agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia,” urainya.

“Penguatan identitas keagamaan dan kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan. Tetapi harus dalam satu kotak, untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” tandas Bupati Tantri.

Selepas memimpin upacara memperingati HAB ke-74 tersebut Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso juga berkesempatan untuk meninjau Gedung Asrama Putri Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo.

Gedung sarana asrama bagi siswi MAN 2 Probolinggo yang baru rampung pengerjaannya tersebut memiliki kapasitas 50 siswi dan rencananya akan segera dimanfaatkan setelah perlengkapan yang dibutuhkan tercukupi.(dra)

cww trust seal