Tuesday, July 16, 2019
Depan > Pemerintahan > Bupati Tantri-Owner Jiwa Jawa Gelar Audiensi Festival Jathilan Bromo 2019

Bupati Tantri-Owner Jiwa Jawa Gelar Audiensi Festival Jathilan Bromo 2019

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Pariwisata menjadi andalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Probolinggo dan Indonesia pada umumnya. Demi mendukung keberadaan potensi wisata Gunung Bromo Tengger Semeru, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Festival Jathilan Bromo.

Sebagai bentuk kesiapan kegiatan tersebut, Panitia Festival Jathilan Bromo yang dipimpin oleh Sigit Pramono selaku Owner Jiwa Jawa menggelar audiensi bersama Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Rabu (10/7/2019) di peringgitan Pendopo Kabupaten Probolinggo.

Acara audiensi tersebut dihadiri Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko, Camat Sukapura Bambang Heriwahjudi didampingi para pengusaha hotel di wilayah Kecamatan Sukapura.

Jathilan adalah kesenian rakyat yang berasal dari Ponorogo telah berkembang ke bagian lain pulau Jawa hingga menyebar ke seluruh Nusantara. Di kawasan sekitaran Gunung Bromo hingga pada saat ini, Kesenian Jathilan sangat digemari oleh masyarakat khususunya masyarakat Bromo Tengger Semeru.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menjelaskan Pemkab Probolinggo akan terus berupaya memperbaiki pembangunan dan perekonomian di Kabupaten Probolinggo, salah satunya yang dilakukannya adalah akses infrastruktur jalan menuju Gunung Bromo menjadi hal yang penting sebagai akses jalan berkeselamatan.

“Dengan kesenian Jathilan yang akan mengisi di lokasi wisata Gunung Bromo nantinya akan mendapat suport dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Saya menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan pemikiran dilaksanakannya pagelaran festival Jathilan Bromo. Semoga kesenian ini dapat bermanfaat dan menarik simpatik wisatawan,” harapnya. (y0n)