Sunday, October 25, 2020
Depan > Pendidikan > Bupati Tantri Launching East Java Green Scout Innovation 2020

Bupati Tantri Launching East Java Green Scout Innovation 2020

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – Bupati Probolinggo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Hj. P. Tantriana Sari, SE secara resmi melaunching East Java Green Scout Innovation Tahun 2020 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Zona 7 Probolinggo di Pelataran Candi Jabung Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton, Jum’at (7/8/2020) sore.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Probolinggo yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko, perwakilan Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, segenap anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo, OPD terkait serta peserta kegiatan east java green scout innovation.

Launching Launching East Java Green Scout Innovation Tahun 2020 ini ditandai dengan penyerahan sarana prasarana oleh Kak Tantri dan Kak Timbul kepada perwakilan peserta. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-59 tahun 2020.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan kegiatan east java green scout innovation tahun 2020 ini dimaksudkan menciptakan gerakan kerelawanan dan kepedulian yang kuat terpercaya dan masif sebagai bukti positif keberadaan gerakan pramuka bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Adapun tujuan dari kegiatan east java green scout innovation 2020 ini terwujudnya sikap dan karakter kepedulian terhadap lingkungan, terwujudnya kader gerakan pramuka peduli akan pelestarian lingkungan hidup, mewujudkan lingkungan bersih dan sehat dan memberi dampak positif dari gerakan pramuka kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Kak Timbul, kegiatan east java green scout innovation tahun 2020 ini diantaranya pemugaran 7 unit rumah tidak layak huni menjadi rumah layak dan sehat, penyerahan dan pembagian 100 tempat sampah, pemberian 1 unit gerobak sampah, pembuatan 1 gapura, pengecatan rumah, pagar area gapura, gerakan bersih-bersih lingkungan di area Desa Jabung Candi, pembagian 150 paket bahan pangan kepada masyarakat kurang mampu maupun yang terdampak pandemi COVID-19 serta pemberian dan penananaman pohon/bunga untuk taman.

“Kegiatan east java green scout innovation tahun 2020 akan tetap menjaga protokol kesehatan diantaranya wajib menggunakan masker, menerapkan sosial distancing dengan jarak minimal 1 meter di setiap kegiatan, setiap anggota disarankan selalu membawa hand sanitizer atau selalu cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir,” pungkasnya.

Sementara Bupati Probolinggo Kak Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan ada permasalahan yang sangat mendasar dan cukup krusial yang sangat relevan diselesaikan bersama dengan pramuka. Yakni, isu COVID-19, kenakalan remaja serta nilai-nilai sosial dan kegotong royongan.

“Pramuka sebagai salah satu organisasi paling berpengalaman selama 59 tahun. Artinya sangat berpengalaman dengan ditempa berbagai kondisi. Alhamdulillah, pramuka telah mengambil peran di dalam pencegahan COVID-19 dengan menyumbangkan 10.000 masker bagi warga masyarakat,” katanya.

Menurut Kak Tantri, keberadaan pramuka menjadi salah satu jawaban bagaimana menyelesaikan kenakalan remaja mulai dari mabuk-mabukan, seks bebas dan lain sebagainya. Selain itu, lunturnya semangat kebersamaan dan kegotongroyongan.

“Saya akan terus memback up lahir batin pramuka. Bagaimana membumikan pramuka di Kabupaten Probolinggo. Harapannya pramuka tidak hanya menjadi ekstrakurikuler di sekolah tetapi bagaimana ada suasana kebatinan dan kebutuhan bagi anak-anak untuk masuk dan bergabung di pramuka. Tentu kegiatannya harus diupgrade sedemikian rupa sehingga apabila tidak bergabung pramuka tidak keren,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal