Sunday, October 25, 2020
Depan > Pemerintahan > Bupati Tantri Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Secara Virtual

Bupati Tantri Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Secara Virtual

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah secara virtual yang digelar oleh Kementerian Keuangan RI, Selasa (22/9/2020) pagi di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Turut mendampingi Bupati Tantri dalam kesempatan tersebut sejumlah pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Diantaranya, Asisten Administrasi Umum Mahbub Zunaidi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Santiyono, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Christian, Sekretaris Badan Keuangan Daerah Siswanto dan Inspektur Pembantu Wilayah IV Inspektorat Kabupaten Probolinggo Lita Mahanani.

Di tengah-tengah pandemi COVID-19 saat ini, Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2020 mengusung tema “Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara dalam Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional”. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan BMN Awards dalam rangka pengelolaan keuangan terbaik.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Keuangan RI memberikan apresiasi kepada Kementerian Negara, Lembaga serta Pemerintah Daerah yang laporan keuangannya dengan keterangan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Untuk Pemerintah Daerah se-Jawa Timur sebanyak 23 Kabupaten/Kota yang telah memperoleh opini WTP selama 5 (lima) kali berturut turut. Salah satunya Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati. Kabupaten Probolinggo sendiri telah meraih opini WTP sebanyak 7 (tujuh) kali berturut turut.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan pengembangan kebijakan akuntansi dan standar laporan keuangan tidak dapat dipisahkan dari reformasi keuangan negara. Tentunya profesi akuntan menjadi salah satu pekerjaan yang dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas untuk perusahaan dan pemerintah.

“Apresiasi ini diberikan sebagai wujud penghargaan pemerintah atas capaian yang baik dari seluruh pimpinan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Apresiasi ini diberikan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang telah mendapatkan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2019 dan yang telah 5 kali berturut-turut,” katanya. (y0n)

cww trust seal