Tuesday, August 11, 2020
Depan > Kemasyarakatan > BUMDes Gading Sejahtera Lepas Ribuan Bibit Ikan Lele dan Nila

BUMDes Gading Sejahtera Lepas Ribuan Bibit Ikan Lele dan Nila

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gading Sejahtera Desa Gading Wetan Kecamatan Gading melakukan pelepasan ribuan bibit ikan lele dan nila, Kamis (4/7/2019). Ribuan bibit ikan lele dan nila tersebut dilepas pada 4 (empat) kolam yang dimiliki oleh BUMDes tersebut.

Pelepasan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi, Camat Gading Taufik Alami, Kepala Desa Gading Wetan Supriyono dan pengurus BUMDes Gading Sejahtera.

Kepala Desa Gading Wetan Supriyono mengungkapkan bahwa budidaya ikan lele dan nila ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh BUMDes Gading Sejahtera. Usaha ini nantinya akan dikelola oleh Karang Taruna Gading Mandiri dalam rangka memberdayakan para pemuda yang ada di Desa Gading Wetan Kecamatan Gading.

“Pelibatan pemuda karang taruna dalam usaha budidaya ikan lele dan nila ini dimaksudkan untuk memberikan kegiatan yang positif bagi para pemuda. Pemuda kami ajak untuk menjadi pemuda yang produktif harapannya mampu memberikan tambahan pendapatan dan kesejahteraan bagi warga masyarakat Desa Gading Wetan Kecamatan Gading,” katanya.

Sementara Camat Gading Taufik Alami mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Pemerintah Kecamatan Gading dan Pemerintah Desa Gading Wetan. Ini adalah implementasi program Dana Desa (DD) yang salah satunya memprioritaskan pengembangan produk unggulan desa.

“Diharapkan dengan adanya pembinaan dan bantuan bibit ikan dari Dinas Perikanan (Diskan) ini akan menambah motivasi pelaku usaha budidaya perikanan darat sekaligus akan mendapatkan pengetahuan bagaimana budidaya ikan yang baik dan benar,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi menyampaikan bahwa bantuan bibit ikan lele dan nila ini dilakukan sebagai bentuk respon atas keinginan dari BUMDes Gading Sejahtera untuk membuka usaha budidaya ikan lele dan nila yang nantinya dikelola oleh karang taruna.

“Tentunya ini sebuah terobosan dan inovasi yang sangat bagus sekali. Dimana BUMDes ini mengajak para pemuda yang selama ini kurang produktif untuk terlibat dalam budidaya ikan lele dan nila. Para pemuda ini selanjutnya diberikan modal usaha agar bisa mulai budidaya ikan lele dan nila,” ungkapnya.

Menurut Dedy, pemberian bantuan bibit ikan lele dan nila ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi air yang melimpah dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi kalangan pemuda yang tergabung dalam karang taruna. Dengan demikian mereka akan mendapatkan pendapatan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“BUMDes itu hanya memfasilitasi sekali saja, selanjutnya sudah menjadi tugas karang taruna untuk mengembangkan usaha budidaya ikan lele dan nila ini sehingga bisa menjadi sumber pendapatan yang produktif,” tegasnya.

Ke depan Dedy menegaskan bahwa nantinya budidaya ikan lele dan nila yang dilakukan oleh BUMDes Gading Sejahtera Desa Gading Wetan Kecamatan Gading ini akan menjadi binaan dari Diskan Kabupaten Probolinggo. Teknis-teknis budidaya yang tidak sesuai nantinya akan dibenahi secara perlahan-lahan. Oleh karena itu ketika ada pelatihan budidaya ikan lele, BUMDes ini akan diikutsertakan didalamnya.

“Budidaya ikan lele dan nila ini merupakan kegiatan dari BUMDes Gading Sejahtera. Mereka memiliki 4 (empat) kolam, namun yang dapat mereka penuhi bibitnya hanya untuk 2 kolam saja. Masih ada 2 kolam lagi yang kosong sehingga kami bantu 2.000 bibit ikan nila. Harapan ke depan nanti mereka bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha dari masyarakat,” harapnya. (wan)

cww trust seal