Sunday, October 25, 2020
Depan > Pemerintahan > BUMDes Bhinor Energi Dinobatkan Sebagai BUMDes Terbaik II se-Jawa Timur

BUMDes Bhinor Energi Dinobatkan Sebagai BUMDes Terbaik II se-Jawa Timur

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Prestasi gemilang kembali mengharumkan nama baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Raihan prestasi berupa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik II di tingkat Jawa Timur kali ini dipersembahkan oleh desa ujung timur yakni Desa Bhinor Kecamatan Paiton.

Atas prestasi tersebut Kepala Desa Bhinor berkesempatan menerima penghargaan berupa piagam dan trophy langsung dari Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa para peringatan Hari Jadi ke-75 Provinsi Jawa Timur tahun 2020, Senin (12/10/2020) pagi di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Kepala Desa Bhinor Hj Hostifawati mengaku sangat bangga atas hasil jerih payahnya bersama segenap elemen masyarakatnya. Menurutnya, sejak tahun 2016 pihaknya tanpa kenal lelah mengelola BUMDes Bhinor Energi dengan segala upaya mulai dari pembangunan kantin desa sampai pengembangan sektor wisata dan sumber daya manusianya.

“Alhamdulillah akhirnya kita berhasil menyisihkan ratusan peserta dan mampu bersaing dengan 6 desa terbaik untuk pengelolaan BUMDes se-Jawa Timur. Prestasi ini adalah hasil kerja keras kami semua dan pasti akan menambah semangat kami untuk menjadi lebih bermanfaat bagi desa,” ungkap Hostifawati penuh semangat.

Lebih lanjut Hostifawati menjelaskan, adanya pengelolaan administrasi yang baik dan beragam bidang usaha UMKM yang terintegrasi dengan usaha sektor wisata yang dimiliki BUMDes adalah point besar, sehingga mampu membawa Bhinor Energi meraih prestasi bergengsi tersebut.

Selain itu sejak tahun 2019 lanjut Hostifawati, BUMDes Bhinor Energi mulai menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar Rp 100 juta. Begitu juga di tahun 2020, meskipun usaha yang ada juga terdampak pandemi COVID-19 namun pihaknya tetap berupaya menyiapkan PAD dengan jumlah yang sama.

“Kami optimis jika kondisi mulai normal, InsyaAllah tahun depan kami bisa setor sampai Rp 500 juta untuk APBDes Bhinor, mengingat perputaran dana kami mencapai Rp 2,5 milyar per tahun dan trendnya terus naik. PAD ini kami gunakan untuk pengembangan BUMDes dan kepentingan masyarakat berupa honor guru ngaji, pelatihan-pelatihan dan biaya operasional BUMDes,” tandas Ketua Komisaris BUMDes Bhinor Energi ini.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto menuturkan bahwa BUMDes Bhinor Energi Desa Bhinor memang menjadi salah satu penyumbang PAD desa terbanyak sejak tahun 2019. Oleh sebab itu pihaknya sangat mengapresiasi dan turut bangga atas semangat, inovasi Kepala Desa Bhinor dan personil BUMDesnya.

“Seperti yang selalu disampaikan Ibu Bupati, jika ingin membuat gelombang besar maka harus bergerak bersama dan selalu “KISS”, yakni Koordinasi Integrasi Sinkronisasi dan Sinergi semua pihak. Tujuan akhir adalah kemandirian desa dan itu harus diawali dengan semangat, kebersamaan, kesadaran dan kebangkitan,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal