Monday, July 13, 2020
Depan > Pemerintahan > BPS Terus Gelorakan Semangat Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020

BPS Terus Gelorakan Semangat Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Memasuki 10 hari pertama pelaksanaan Sensus Penduduk Online tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo terus menggelorakan semangat masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan agenda program nasional tersebut.

Sebelumnya target perolehan update data online telah dipasang yakni 80% dari jumlah penduduk Kabupaten Probolinggo yang diharapkan secara mandiri mencatatkan update datanya melalui situs online BPS www.sensus.bps.go.id yang jauh hari sebelumnya telah disosialisasikan secara meluas oleh BPS dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Untuk mencapai target tersebut BPS terus berinovasi, salah satunya adalah secara proaktif bersinergi bersama Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo untuk melakukan pendampingan pengisian Sensus Penduduk 2020 secara online di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Selasa (25/02/2020) pagi, di ruang pertemuan Jabung 1 Kantor Bupati Probolinggo.

Pendampingan pengisian Sensus Penduduk online kali ini diikuti oleh ASN pada Bagian Perekonomian dan SDA, Badan Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Administrasi Pembangunan, Bagian Humas Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Bagian Kesra, Bagian Hukum, Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) dan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah).

Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Bagus Sunggono mengemukakan sampai saat ini jumlah perolehan data online Kabupaten Probolinggo menempati urutan ke-7 se-Jawa Timur. Pihaknya berharap dengan terus melahirkan pelopor-pelopor SP 2020 di lingkungan ASN dan mitra lainnya target 80% bisa tercapai sebelum tanggal 31 Maret mendatang.

“Hasil rekapitulasi Sensus Online kami per tanggal 24 Pebruari kemarin, KK (Kartu Keluarga) yang telah mencatatkan dirinya melalui situs online BPS hampir mencapai 10% jumlah penduduk Kabupaten Probolinggo yakni sejumlah 2.470 keluarga atau sebanyak 8.424 jiwa. Trendnya selalu naik setiap harinya, kami optimis SP online di Kabupaten Probolinggo akan berhasil gemilang,” urai Bagus Sunggono.

Bagus mengatakan strategi lain yang ia upayakan adalah melahirkan para pelopor SP 2020 di lingkungan guru SMP dan SMA agar kemudian mensosialisakan di lingkungan sekolah masing-masing. Mengingat para siswa-siswi pada tingkat ini telah familiar dengan teknologi android. “Harapannya siswa-siswi khususnya warga masyarakat terpencil agar kemudian dapat membantu para orang tuanya yang mungkin belum akrab dengan android untuk mengisi situs online kami,” katanya.

Lebih lanjut Bagus menuturkan pihaknya juga tidak menampik bahwa dari seluruh data kependudukan Kabupaten Probolinggo tidak seluruhnya valid dan bisa mengakses situs online BPS. Ia mengingatkan jika sampai batas tanggal 31 Maret masih ada periode berikutnya pada bulan Juli untuk menuntaskan sisanya dengan metode sensus wawancara melalui petugas.

Jadi hasil Sensus Online ini nantinya akan berupa tabel rekap evaluasi berupa listing nama dan alamat lengkap dengan keterangan sukses online atau belum. Tabel ini akan menjadi dasar bagi 2000 petugas sensus lapangan,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal