Sunday, April 5, 2020
Depan > Kemasyarakatan > BPBD Minta Masyarakat Tetap Waspadai Cuaca Ekstrem

BPBD Minta Masyarakat Tetap Waspadai Cuaca Ekstrem

Reporter : Syamsul Akbar
LUMBANG
– Hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang terjadi dalam waktu cukup lama pada Minggu (28/4/2019) menyebabkan kerusakan di beberapa titik di wilayah Kabupaten Probolinggo. Akibat kejadian tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo meminta masyarakat tetap mewaspadai cuaca ekstrem.

Tercatat telah terjadi longsor di Dusun Sapih RT 07 Desa Sapih Kecamatan Lumbang yang mengakibatkan rumah rusak sedang milik Sulastro. Longsor juga terjadi di Desa Pandansari dan merusak rumah milik Asri Nurmala. Bahkan di Desa Wonokerso Kecamatan Sumber, tebing di dekat rumah Relawan Desa Tangguh Bencana Sudir Supriyadi juga longsor yang mengakibatkan mobil miliknya hampir tertimbun.

“Infrastruktur yang terancam rusak akibat cuaca ekstrem tersebut hingga saat ini tercatat di Dusun Curahkendil Desa Sumberanom Kecamatan Sumber. Dimana bahu jalan amblas yang berakibat jalan menuju Sumberanom-Wonokerso terancam rusak,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Pasca kejadian longsor tersebut, masyarakat bersama dengan relawan desa tangguh bencana bergotong royong membersihkan material longsor yang menutup badan jalan maupun mengotori rumah masyarakat. “Masyarakat juga sudah melakukan penanganan dan antisipasi agar longsoran tidak bertambah luas. Sekaligus memasang tanda agar tidak membahayakan masyarakat,” terangnya.

Hingga saat ini, TRC PB (Team Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) masih melakukan assessment untuk penanganan daruratnya. “Diharapkan masyarakat tetap mewaspadai cuaca ekstrem yang bisa terjadi. Salam Tangguh Bencana,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal