Monday, August 10, 2020
Depan > Kemasyarakatan > BPBD Latih Fisik Personil TRC

BPBD Latih Fisik Personil TRC

Reporter : Mujiono
BANYUWANGI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Minggu (22/9/2019) kembali melatih fisik personil TRC (Team Reaksi Cepat) di Taman Wisata Kawah Ijen Kabupaten Banyuwangi.

Selain melatih ketahanan fisik dan mental Personil TRC, kegiatan kali ini juga diikuti oleh Personil Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) sebanyak 4 (empat) orang dan salah satunya adalah perempuan.

Kegiatan yang diikuti oleh 25 orang peserta ini dipimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi didampingi Sekretaris, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Kepala Seksi Kedaruratan serta beberapa staf.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan pemilihan Kawah Ijen sebagai tujuan pelatihan tidak lain karena merupakan sebuah danau kawah yang mempunyai sifat asam sangat kuat termasuk Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

“Hal ini sejalan dengan kegiatan beberapa hari sebelumnya, di mana Personil TRC dan Pusdalops PB dikenalkan dengan B3 dan bencana yang diakibatkan oleh B3. Serta merupakan bagian dari tugas BPBD. Kesempatan ini dipergunakan sebagai praktik bahwa dalam menangani B3 benar-benar dibutuhkan kemampuan fisik yang bagus dan penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) yang sesuai,” katanya.

Selain untuk melatih ketahanan dan kemampuan fisik jelas Anggit, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempraktekkan teori penanganan kebencanaan. “Nantinya dari kegiatan ini diharapkan dapat melatih terjalinnya kebersamaan tim dalam situasi nyata di alam, dalam hal ini di gunung,” harapnya. (y0n)

cww trust seal