Tuesday, February 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > BPBD Gelar Bimtek Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas

BPBD Gelar Bimtek Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas

Reporter : Mujiono
SUKAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) penanggulangan bencana berbasis komunitas di Hotel Nadia Kecamatan Sukapura, Senin (30/9/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang yang merupakan utusan dari 25 komunitas/kelembagaan dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Probolinggo. Dimana masing-masing mengirimkan 2 (dua) orang peserta. Sebagai narasumber hadir dari BPBD Provinsi Jawa Timur, Bappeda Kabupaten Probolinggo, Kodim 0820 Probolinggo, Polres Probolinggo dan BPBD Kabupaten Probolinggo.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang temu, interaksi, komunikasi, koordinasi serta peningkatan kapasitas relawan berbasis komunitas yang peduli terhadap kebencanaan di Kabupaten probolinggo.

“Tujuannya agar mereka paham akan prioritas pembangunan dalam konteks kebencanaan dan potensi bencana di Kabupaten probolinggo, paham akan perannya yang sangat dibutuhkan dalam PB sebagai tugas kemanusian serta paham akan manajemen PB sesuai bidang masing-masing komunitas,” ungkapnya.

Menurut Anggit, penanggulangan bencana dalam rangka pengurangan resiko bencana memerlukan partisipasi dan kerjasama multisektor. Partisipasi aktif ini termasuk dalam hal pemberdayaan peran relawan penanggulangan bencana, tidak hanya pada saat terjadi bencana, tetapi juga pada saat pra dan pasca bencana.

“Peningkatan potensi dan kapasitas lembaga usaha, organisasi sosial masyarakat melalui peran kerelawanannya mutlak dibutuhkan agar penanggulangan bencana dapat tertangani dengan baik melalui koordinasi dan komunikasi yang terpadu dengan pemerintah daerah,” jelasnya.

Anggit menambahkan peningkatan kapasitas kerelawanan perlu dilakukan dengan melibatkan seluruh potensi organisasi sosial masyarakat di Kabupaten Probolinggo, utamanya yang bergerak dalam bidang kemanusian (penanggulangan bencana). “Dengan kata kunci penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo terlaksana secara akuntable,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal