Friday, November 22, 2019
Depan > Kemasyarakatan > BPBD Gelar Apel Kesiapsiagaan Relawan PB

BPBD Gelar Apel Kesiapsiagaan Relawan PB

Reporter : Mujiono
LUMBANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menggelar Apel Kesiapsiagaan Relawan Penanggulangan Bencana (PB) Berbasis Masyarakat dan Komunitas Adventure 4×4, Minggu (20/10/2819) di Lapangan Bumi Perkemahan Kecamatan Lumbang.

Apel Kesiapsiagaan para relawan PB secara khidmat dipimpin oleh Amat Sulaksono, selaku Kepala Seksi Pencegahan BPBD Kabupaten Probolinggo dan diikuti oleh relawan Penanggulangan Bencana (PB) Desa di lingkungan Kecamatan Lumbang. Bertindak sebagai Inspektur pada Apel Kesiapsiagaan tersebut adalah Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Pada kegiatan apel kesiapsiagaan tersebut, dilaksanakannya simulasi kendaraan roda empat 4×4 mengatasi pepohonan tumbang yang menghalangi jalan di lokasi bencana. Dimana kendaraan tersebut kesulitan melintas pada saat mengirim bantuan makanan untuk korban terdampak bencana. Simulasi kendaraan 4×4 memiliki kemampuan untuk melewati jalan yang sulit dilalui dengan mobil atau kendaraan roda empat lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan kegiatan Apel Kesiapsiagaan Relawan Penanggulangan Bencana (PB) Berbasis Masyarakat dan Komunitas Adventure 4×4 sangat penting untuk kesiapan dan tanggap dalam menghadapi serta menangani terjadinya bencana. “Ini sebuah upaya yang harus dilakukan untuk relawan PB Desa agar supaya memiliki kemampuan untuk menghadapi potensi ancaman bencana yang ada didesa,” katanya.

Menurut Anggit, kegiatan ini bertujuan untuk menggalang komunitas dan relawan masyarakat di tiap-tiap desa agar supaya tanggap terhadap bencana. Sedangkan keterlibatan adventure sendiri untuk meningkatkan kemampuan penanganan terhadap lokasi bencana yang sulit ditembus oleh kendaraan roda empat. Dengan komunitas adventure 4×4 ini dapat memanfaatkan kendaraannya untuk menembus daerah terisolir.

“Harapannya nanti terjalin hubungan yang kompak terhadap informasi dan komunikasi agar supaya cepat ditindaklanjuti. Dengan relawan ini selalu memberikan informasi kebencanaan di lokasi masing-masing. Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui nantinya dapat menangani secara cepat di lokasi kebencanaan,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal