Tuesday, July 16, 2019
Depan > Kemasyarakatan > BPBD Dampingi Latihan Evakuasi Mandiri Petugas TNBTS

BPBD Dampingi Latihan Evakuasi Mandiri Petugas TNBTS

Reporter : Syamsul Akbar


SUKAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Jum’at (26/4/2019) sore melakukan pendampingan latihan evakuasi mandiri petugas TN-BTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

Kegiatan latihan evakuasi mandiri ini dihadiri oleh pejabat Balai Besar TNBTS dan SPTN Wilayah I dan II dengan jumlah peserta sekitar 70 orang yang terdiri dari petugas, pelaku wisata dan relawan.

Latihan evakuasi mandiri yang dilakukan oleh Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I dan II Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2019.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan petugas TN-BTS ketika menghadapi kejadian musibah atau bencana yang bisa terjadi di Gunung Bromo,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Dalam kesempatan tersebut BPBD Kabupaten Probolinggo mendampingi kegiatan tersebut dalam menyusun skenario, persiapan, prosedur dan teknis pelaksanaan hingga evaluasi.

Latihan evakuasi mandiri ini diawali koordinasi dengan pejabat BBTNBTS pada pukul 13.30 WIB dan diakhiri pada pukul 15 00 WIB. “Peserta melaksanakan kegiatan tersebut dengan penuh semangat dan antusias. Banyak masukan dan saran dari hasil evaluasi simulasi tersebut guna penyempurnaan prosedur ketika menghadapi kejadian musibah atau bencana,” pungkasnya. (wan)