Monday, July 13, 2020
Depan > Pemerintahan > BKD Berikan Kegiatan Orientasi dan Pembekalan CPNS

BKD Berikan Kegiatan Orientasi dan Pembekalan CPNS

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN
– Sebanyak 288 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 yang telah lulus seleksi mengikuti penutupan kegiatan orientasi dan pembekalan CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Selasa (30/04/2019) siang di ruang pertemuan Jabung Kantor Bupati Probolinggo.

Para CPNS tersebut terdiri terdiri dari tenaga guru sebanyak 232 orang, tenaga kesehatan sebanyak 23 orang dan tenaga teknik sebanyak 33 orang. Orientasi ini diberikan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo sebagai pembekalan bagi CPNS sebelum bertugas ditempatnya masing-masing.

Orientasi dan pembekalan CPNS tersebut dilaksanakan sejak Senin (22/04/2019) di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo. Kemudian 288 CPNS tersebut di bagi menjadi 6 kelompok, untuk kemudian mendapatkan materi secara terpisah pada hari selanjutnya selama lima hari secara berurutan (23-29/4/2019) di ruang pertemuan Jabung.

Metode pembagian kelompok ini diambil agar pembekalan dan orientasi CPNS tersebut dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Masing-masing kelompok pembekalan tersebut mendapatkan materi dari tiga unsur yakni dari Inspektorat tentang kedisiplinan pegawai, Bakesbangpol tentang wawasan kebangsaan serta BKD sendiri tentang aturan-aturan dan tata tertib sebagai seorang CPNS.

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan bahwa setiap CPNS sangat perlu diberikan pembekalan dan orientasi. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara maupun Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS. Dimana sebelum diangkat menjadi PNS, setiap CPNS wajib menjalani masa percobaan atau masa prajabatan.

“Dalam menjalankan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan dan pelayanan publik, para CPNS yang baru direkrut harus memiliki kedisiplinan, sosial kemasyarakatan dan kepedulian yang baik. Selain itu, mereka dituntut harus menjalankan tupoksinya dengan baik dan profesional,” kata Anung Widiarto.

Sementara Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan BKD Kabupaten Probolinggo Sukartadi menambahkan, pembekalan dan orientasi ini dimaksudkan agar sebanyak 288 CPNS ini dapat memberikan pelayanan maksimal dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai Calon Aparatur Sipil Negara.

“Kami berharap mereka memahami apa saja aturan-aturan tentang kepegawaian yang berlaku, disiplin dan wawasan kebangsaan. Selain itu juga paham segala persyaratan untuk menjadi seorang PNS, seperti diklat, uji kesehatan dan sebagainya,” tandasnya.

Sedangkan Diyah Ayu Wulandari, salah satu CPNS pada formasi kebidanan pada RSUD Waluyo Jati yang juga mengikuti pembekalan ini mengaku senang. Pasalnya CPNS asal Kota Nganjuk ini kini paham tentang informasi, aturan dan tupoksinya sebagai seorang bidan.

“Selanjutnya dengan formasi pendidikan S1 pada ilmu kebidanan ini saya harap apa yang sudah kami pelajari sebelumnya untuk dapatnya kami terapkan dan amalkan di lingkungan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal