Sunday, October 25, 2020
Depan > Pendidikan > Bhakti Sosial Semarakkan EJGSI Zona 7 Probolinggo

Bhakti Sosial Semarakkan EJGSI Zona 7 Probolinggo

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Rangkaian penutupan East Java Green Scout Inovation (EJGSI) Zona 7 Probolinggo yang digelar oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur di area Candi Jabung Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton disemarakkan dengan kegiatan bakti sosial, Selasa hingga Kamis (6-8/10/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang peserta didampingi 30 orang panitia. Para peserta berasal dari 5 kwarran (kwartir ranting) meliputi Kwarran Paiton, Kwarran Besuk, Kwarran Kotaanyar, Kwarran Pakuniran dan Kwarran Kraksaan.

Rangkaian penutupan kegiatan EJGSI ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat mulai dari wajib menggunakan masker, penerapan sosial distancing masing-masing peserta dibagi menjadi 7 titik masing-masing tidak ada 10 anggota, menggunakan face shield, membawa handsanitizer dan penyemprotan disinfektan awal peserta datang.

Selama 3 (tiga) hari, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan diantaranya gerakan bersih lingkungan, pengecatan area gapura dan fasilitas umum, penyerahan 100 tempat sampah, pembuatan 1 gapura dan pemberian 10 tanaman, pembuatan 1 gerobak sampah serta pembagian 150 bahan pangan.

Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan di pelataran Candi Jabung yang dipimpin oleh Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Dewi Korina didampingi pengurus dari Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur dan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Selasa (6/10/2020) siang. Pembukaan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan sarana dan prasarana secara simbolis kepada perwakilan peserta.

Usai dibuka secara resmi, kegiatan ini dilanjutkan dengan gerakan bersih lingkungan mulai dari gapura pintu masuk hingga sepanjang jalan menuju ke area Candi Jabung. Gerakan bersih lingkungan ini juga difokuskan kepada pembersihan di sekitar pelataran Candi Jabung mulai dari sampah hingga rumput liar.

Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Dewi Korina menyampaikan selamat, sukses dan terima kasih kepada Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur atas terselenggaranya East Java Green Scout Innovation Zona 7 di Kabupaten Probolinggo.

“Semoga semua kegiatan berjalan lancar dan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat. Bagi kakak-kakak gerakan Pramuka ini sebuah pengalaman spiritual yang luar biasa, edukasi dan kegembiraan kita manakala orang yang kita bantu itu merasa gembira,” katanya.

Menurut Kak Dewi, ini merupakan pengalaman batin yang luar biasa kepada kita semua para kader-kader Pramuka. Ke depannya paling tidak ini bisa memotivasi dan memberikan semangat untuk berjiwa sosial.

“Itu khan pengalaman batin yang membantu jiwa sosial ini tumbuh di diri adik-adik pramuka dan masyarakat mengimbas. Kemudian menciptakan inovasi-inovasi lain serta bergandengan tangan antara masyarakat, pramuka dan pemerintah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Puncaknya, kegiatan EJGSI Zona 7 Probolinggo ini akan ditutup secara resmi oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE pada Kamis (8/10/2020) pagi.

Selain sejumlah pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, kegiatan ini juga akan dihadiri oleh pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur. (wan)

cww trust seal