Tuesday, October 27, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Berikan Support dan Dukungan Pasien Positif COVID-19

Berikan Support dan Dukungan Pasien Positif COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penangaan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir yang berlebihan sehingga menjauhi para pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19).

“Harusnya pasien positif COVID-19 itu tidak dijauhi. Malahan orang-orang yang positif COVID-19 ini terus disupport, karena mereka juga sedih terkena COVID-19 dan mereka juga tidak tahu sakit COVID-19. Ini bukan aib, harusnya masyarakat memberikan support dan dukungan, tetapi dengan cara yang benar,” katanya.

Menurut Anang, bisa saja mereka isolasi mandiri dan masyarakat membantu mereka dengan membelikan makanan tetapi dengan cara physical distancing serta tidak harus dekat-dekat. “Kita harus tetap menghormati dia dan tetap dekat, tetapi harus berbicara menggunakan masker. Kita akrab tidak perlu pegangan dan salam-salaman, kita harus jaga sering cuci tangan. Itu yang penting, jadi tetap tidak membenci dan menjauhi, justru itu yang aman,” jelasnya.

Anang mengakui memang pihaknya tidak bisa menyampaikan secara utuh kepada masyarakat. Tapi masyarakat sudah tahu bahwa di wilayahnya seperti ini. “Kita sudah melakukan kontak-kontak personal ke orang yang kontak itu dan kita beritahu untuk melakukan isolasi mandiri,” terangnya.

Lebih lanjut Anang menegaskan bahwa mulai dari kemarin-kemarin masyarakat diminta agar sosial distancing dan physical distancing perlu dan jangan disepelekan. Sekarang mereka ingin tahu seperti itu tapi tetap tidak melakukan physical distancing dan masih tidak memakai masker, masih tetap tidak pernah menjaga jarak dan tidak mau mencuci tangan.

“Nanti suatu saat kalau sudah ada kasus tiba-tiba akan tertular. Saya pikir masyarakat harus menjawab kekhawatiran itu dengan gaya hidup dan physical distancingnya dengan benar-benar diterapkan,” tegasnya.

Terkait dengan banyaknya beredarnya berita bohong (hoax) tentang pasien positif COVID-19, Anang meminta agar masyarakat mengikuti informasi yang resmi dari Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo. Kalaupun ada warga yang positif COVID-19, pastinya akan disampaikan secara resmi kepada masyarakat.

“Sekali lagi masyarakat tidak perlu panik dengan adanya berita macam-macam. Makanya jangan pernah menggubris info-info yang ada di media sosial. Mendingan kita menjaga diri, kalau ada cerita apapun selama bukan dari satgas dan juru bicara tidak usah dihiraukan. Lebih baik kita mencari informasi-informasi yang positif yang lain dan memberikan semangat-semangat lain buat saudara-saudara kita yang sedang sakit,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal