Tuesday, November 12, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Baznas Salurkan Tandon Air Kepada Warga Terdampak Erupsi Bromo

Baznas Salurkan Tandon Air Kepada Warga Terdampak Erupsi Bromo

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBER – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebutuhan air bersih masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Bromo, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo dan Baznas Provinsi Jawa Timur menyalurkan bantuan berupa 5 (lima) tandon air berukuran 1100 liter dan 20 jirigen ukuran 30 liter, Selasa (2/4/2019).

Tandon air ini secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko kepada Camat Sumber Saniwar disaksikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, Kepala Dinas Sosial Achmad Arif, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ahmad Hasyim Ashari serta petugas Baznas Kabupaten Probolinggo.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa bantuan tandon air ini merupakan salah satu bentuk perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Daerah melalui Baznas kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Bromo agar bisa lebih mudah dalam mendapatkan akses air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Bantuan tandon air ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Terlebih dalam suasana erupsi Gunung Bromo. Mudah-mudahan bantuan tandon air ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Bromo,” harapnya.

Menurut Wabup Timbul, bantuan tandon air ini sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena sebelum menentukan bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Bromo, Baznas terlebih dahulu sudah berkoordinasi dengan BPBD terkait bantuan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Karena BPBD sudah memiliki data kebutuhan masyarakat terdampak erupsi Gunung Bromo, maka masyarakat sangat membutuhkan tandon air untuk akses air bersih. Sehingga bantuan yang dilakukan melalui BPBD pasti sudah tepat sasaran dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian dari Baznas Kabupaten Probolinggo dan Baznas Jawa Timur,” tegasnya.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil menyampaikan bahwa bantuan tandon air ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yang bisa diberikan oleh Baznas kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Bromo.

“Saya mengharapkan agar bantuan tandon air ini bisa dimanfaatkan untuk tempat menampung air bersih yang dapat dikonsumsi sebagai air minum bagi masyarakat. Karena dampak erupsi Gunung Bromo, air bersih sudah terkontaminasi dengan abu vulkanik,” ujarnya.

Menurut Muzammil, bantuan tandon air dari Baznas ini dilakukan sesuai hasil koordinasi dengan BPBD. Sebab pada awalnya Baznas akan membantu masker untuk diberikan kepada masyarakat Kecamatan Sumber dan Sukapura. Bahkan Baznas sudah memesan masker tersebut, namun info dari BPBD kalau masker sudah banyak. Akhirnya yang paling mendesak adalah ketersediaan tandon air dan jirigen.

“Dana bantuan tandon air ini merupakan hasil sharing antara Baznas Provinsi Jawa Timur dengan Baznas Kabupaten Probolinggo. Kami berharap agar bantuan dari Baznas ini dpt dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat di Kecamatan Sumber sehingga kebingungan masyarakat terhadap air bersih yang tidak terkontaminasi dengan abu vulkanik bisa teratasi,” harapnya. (wan)