Tuesday, October 22, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Baznas Bantu Perbaikan Dua Rumah Roboh Maskin

Baznas Bantu Perbaikan Dua Rumah Roboh Maskin

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo memberikan bantuan perbaikan rumah bagi dua masyarakat miskin (maskin) di Kecamatan Gading yang rusak karena tertimpa pohon roboh akibat angin kencang sepekan yang lalu. Masing-masing penerima mendapatkan bantuan dengan jumlah yang berbeda sesuai dengan kerusakan rumahnya.

Kedua penerima bantuan perbaikan tersebut yakni Bu Tir asal Dusun Rabunan Desa Batur Kecamatan Gading menerima Rp 1,5 juta dan Bu Sun asal Dusun Panggung Desa Kertosono Kecamatan Gading menerima Rp 2 juta.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo Ahmad Muzammil mengatakan bahwa pemberian bantuan perbaikan rumah ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakat kurang mampu yang sedang terkena musibah.

“Rumah mereka rusak dan roboh terkena bencana. Untuk meringankan beban biaya pembangunan kembali rumahnya, kami memberikan bantuan yang besarnya sesuai dengan tingkat kerusakan. Jadi sifatnya hanya membantu biaya untuk memperbaiki, ” katanya, Kamis (28/12/2017).

Dalam menentukan layak dan tidaknya serta besaran bantuan yang akan diberikan terang Muzammil, pihaknya terlebih dahulu melakukan survey lokasi. Dari survey tersebut tim akan melihat kondisi rumah dan ekonomi pemilik rumah. Serta lingkungan sekitar rumah tersebut.

“Jika di sekitar rumah tersebut adalah orang-orang kaya, tentunya salah kalau kita membantu penuh. Jadi harus ada kerja sama dan komitmen bersama dari tetangganya yang mampu untuk membantu rumah yang roboh tersebut,”  jelasnya.

Menurut Muzammil, bantuan untuk memperbaiki rumah maskin ini sejalan dengan visi dari zakat itu sendiri dalam memberantas kemiskinan. “Setidaknya dengan bantuan ini, mereka bisa memperbaiki rumahnya secara layak. Sehingga nantinya bisa memberikan rasa nyaman dan menjamin kesehatan penghuninya. Dengan harapan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,”  pungkasnya. (wan)