Saturday, July 4, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Bappeda Juara Lomba Pengelolaan Arsip Tingkat OPD

Bappeda Juara Lomba Pengelolaan Arsip Tingkat OPD

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo akhirnya terpilih sebagai juara pertama dalam lomba pengelolaan arsip tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2019 yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya juara kedua diraih RSUD Tongas dan juara ketiga diraih Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan. Sementara juara harapan 1 diraih Dinas Perhubungan dan juara harapan 2 diraih Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo.

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dilaksanakan di ruang Pustakaloka Dispersip Kabupaten Probolinggo, Senin (26/8/2019). Kegiatan ini dihadiri Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti. Masing-masing pemenang mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Kasi Arsip Dinamis DIspersip Kabupaten Probolinggo Sri Astutik mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap peran dan optimalisasi penyelenggaraan kearsipan OPD di wilayah Kabupaten Probolinggo yang dikemas dalam bentuk lomba pengelolaan arsip OPD guna mewujudkan ketersediaan aarsip di seluruh OPD dengan baik, benar, autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah.

“Dari sekitar 65 formulir yang kami serahkan, terdapat 40 formulir yang diserahkan kembali kepada panitia. Dari 40 formulir atau peserta lomba, kami nilai dan menentukan 17 OPD untuk dilakukan uji petik (mencocokkan jawaban dalam formulir dengan kenyataan yang ada di lapangan). Dari 17 OPD tersebut, menjadi beberapa OPD yang nanti melalui pemaparan oleh arsiparis untuk menentukan juara 1 sampai 5,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti mengatakan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawabnya, maka Pemerintah Kabupaten Probolinggo perlu melakukan lomba pengelolaan arsip tingkat OPD se-Kabupaten Probolinggo baik dari sisi teknis operasional maupun managerial.

“Dengan demikian, ke depan diharapkan urusan kearsipan di Kabupaten Probolinggo dapat dilaksanakan secara sistemik sesuai dengan prinsip-prinsip dan kaidah/norma kearsipan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Menurut Endang, melalui lomba ini pengelolaan kearsipan yang merupakan tanggung jawab setiap lembaga yang berada di lingkungan Pemkab Probolinggo yang mana semua arsip-arsip yang diciptakannya akan lebih tertata dan tertib sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

“Oleh karena itu, dengan lomba pengelolaan arsip tingkat OPD ini diharapkan setiap lembaga pemerintah di lingkungan Pemkab Probolinggo terus membenahi pengelolaan dan penataan arsip termasuk didalamnya penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan arsip di lingkungan kerja masing-masing sehingga arsip dapat tertata rapi dan benar sesuai aturan yang ada dan memudahkan pencarian kembali arsip yang dibutuhkan pada saat tertentu,” tegasnya.

Atas nama Pemerintah Daerah Endang mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya lomba pengelolaan arsip tingkat OPD se-Kabupaten Probolinggo. “Saya berharap agar hasil lomba ini dapat meningkatkan pengelolaan arsip di lembaga masing-masing,” harapnya. (wan)

cww trust seal