Sunday, December 15, 2019
Depan > Pemerintahan > Banggar Sampaikan Laporan Pembahasan P-APBD 2019

Banggar Sampaikan Laporan Pembahasan P-APBD 2019

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – DPRD Kabupaten Probolinggo kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan hasil kegiatan Badan Anggaran (Banggar) Pembahasan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2019, Senin (5/8/2019) siang.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurrahman ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Dari pihak eksekutif hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, sejumlah pejabat serta perwakilan Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Dalam laporan hasil kegiatan Banggar pembahasan P-APBD Kabupaten Probolinggo Tahun 2019 disebutkan bahwa dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, maka Banggar mengambil kesimpulan bahwa secara normatif, penyusunan dan pembahasan rancangan Perubahan APBD tahun anggaran 2019 Kabupaten Probolinggo sudah memenuhi aspek yuridis-normatif.

Sedangkan terhadap hal-hal yang masih perlu dilakukan perbaikan agar dilakukan penyempurnaan sebagaimana yang disepakati dalam pembahasan bersama antara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Probolinggo dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Oleh karena itu laporan Badan Anggaran ini dapat dijadikan sebagai bahan dan masukan untuk pembahasan fraksi-fraksi dalam menyusun pendapat akhir.

Dalam laporan tersebut, Banggar juga menyampaikan beberapa saran. Diantaranya, setelah laporan Banggar ini disampaikan kepada TAPD bersama OPD terkait agar dapat melakukan koordinasi dalam rangka penyesuaian apabila terjadi perubahan-perubahan anggaran (pergeseran, pengurangan atau penambahan) yang telah disepakati bersama.

Badan anggaran berharap untuk daerah di dataran tinggi mendapatkan porsi anggaran yang lebih, utamanya untuk pembangunan infrastruktur jalan yang merupakan urat nadi perekonomian desa, karena akses jalan yang baik akan memperlancar perekonomian suatu daerah.

Selain itu, diharapkan adanya penertiban penambang-penambang liar di wilayah Kabupaten Probolinggo. Lokasi tempat pembuangan sampah di beberapa wilayah agar ditinjau lagi keberadaannya. (wan)

cww trust seal