Wednesday, November 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Baksos, DPKH Berikan Vaksinasi Kucing Secara Gratis

Baksos, DPKH Berikan Vaksinasi Kucing Secara Gratis

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo menggelar bakti sosial (baksos) berupa pemberian vaksinasi kucing secara gratis di Klinik Hewan Kabupaten Probolinggo, Selasa (27/8/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 100 ekor kucing peliharaan yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo. Setiap owner membawa 1 ekor kucing. Owner yang hadir dengan kostum unit/couple/menarik lainnya akan mendapatkan sertifikat dan hadiah menarik. Mereka dilayani oleh puluhan petugas medis, farmasi, emergency, konsultasi dan registrasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengatakan pelayanan vaksinasi gratis untuk 100 ekor kucing ini merupakan bakti sosial untuk masyarakat khususnya yang sayang terhadap kucing.

“Selain untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, kegiatan ini merupakan program Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam rangka sosialisasi pelayanan, salah satunya bisa vaksinasi kucing di pusat layanan kesehatan hewan milik Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Probolinggo,” katanya.

Menurut Sidik, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada pemelihara kucing untuk melakukan vaksinasi setahun sekali, menjaga kekebalan tubuh hewan serta sebagai upaya pengendalian penyakit menular pada hewan.

“Hanya saja tidak semua kucing bisa langsung diberikan vaksin. Kalau dari hasil pemeriksaan kucing kurang sehat, maka vaksinasinya kita tunda dulu. Karena memang syarat untuk bisa divaksin, kucing dalam kondisi sehat, umur minimal 4 bulan, untuk betina kondisi tidak bunting dan menyusui, vaksin terakhir 1 tahun dan membawa buku vaksin dan pasien lama membawa kartu register,” jelasnya.

Sidik menerangkan, penyakit yang seringkali terjadi pada kucing diantaranya diare, sakit mata dan sariawan. Jika kucing tidak mempunyai kekebalan, maka bisa menyebabkan kematian.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesehatan kucing dan mencegah penularan penyakit menular hewan. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan merawat hewannya dengan baik,” harapnya. (wan)

cww trust seal