Sunday, August 9, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Bakesbangpol Gelar Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Karang Taruna

Bakesbangpol Gelar Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Karang Taruna

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo menggelar pemberdayaan organisasi kemasyarakatan karang taruna di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo di Desa Tamansari Kecamatan Dringu, Kamis (20/6/2019).

Pemberdayaan organisasi kemasyarakatan karang taruna ini mengambil tema “Peran Serta Ormas Karang Taruna Dalam Menjaga dan Mendukung kekondusifan Pasca Pelaksanaan Pemilu Tahun 2019”.

Kegiatan ini diikuti oleh 75 orang pengurus karang taruna se-Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber hadir Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ali Kusno, Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili.

Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ali Kusno mengungkapkan tahun 2018 dan 2019 bagi bangsa Indonesia merupakan tahun politik, termasuk Kabupaten Probolinggo. Dimana tahun 2018, dilaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan tahun 2019 dilaksanakan Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres).

“Alhamdulillah, pesta demokrasi pada tahun politik di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan aman dan kondisif. Tahun 2018, kita melaksanakan Pilkada dengan Polda Jawa Timur memberikan zona merah. Tetapi tahun 2019 berkat kesuksesan Pilkada kita mendapatkan zona hijau,” katanya.

Menurut Ali Kusno, keberhasilan ini tercipta salah satunya karena dukungan dan peran serta dari para anggota karang taruna sehingga wilayah Kabupaten Probolinggo tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

“Proses Pemilu 2019 sampai pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara sudah selesai dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Probolinggo. Hari ini ada proses di MK (Mahkamah Konstitusi) berkaitan dengan pelaksanaan Pilpres dan Pileg. Kami berharap nanti terpilih pemimpin yang mewakili masyarakat Indonesia. Marilah menjaga situasi di Kabupaten Probolinggo dalam keadaan kondusif,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengaku sangat bersyukur karena pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019 di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan aman, lanca r kondusif. Semua ini tentunya tidak terlepas dari dukungan semua elemen masyarakat termasuk karang taruna.

“Saat ini tahapan penyelesaian Pemilu tahun 2019 masih berlangsung di MK. Sebab salah satu jalur untuk menyelesaikan permasalahan Pemilu adalah MK dan ini sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia,” jelasnya.

Menurut Lukman Hakim, proses di MK ini menjadi suatu tontonan yang menarik dan mendidik. Tetapi dengan adanya suguhan semacam ini maka akan menambah cakrawala perpolitik masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Penyelenggara pemilu itu terdiri dari KPU, Bawaslu dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Alhamdulillah, ini rekor dalam sejarah pesta demokrasi di Kabupaten Probolinggo dimana tingkat partisipasi masyarakat hadir di TPS mencapai 84%. Terima kasih kepada semua aparat dan elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Terpisah Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ormas karang taruna untuk ikut mendukung kekondusifan wilayah Kabupaten Probolinggo pasca pelaksanaan Pemilu tahun 2019.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada para pengurus karang taruna di Kabupaten Probolinggo yang telah berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pasca Pemilu 2019. Serta tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita yang tidak jelas kebenarannya,” ungkapnya. (wan)

cww trust seal