Friday, November 15, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Baduta Pos PAUD Desa Jambangan Tebak Gambar dan Membuat Cerita Singkat

Baduta Pos PAUD Desa Jambangan Tebak Gambar dan Membuat Cerita Singkat

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Proses pembelajaran di Pos PAUD Desa Jambangan Kecamatan Besuk, Jum’at (15/3/2019) diisi dengan kegiatan tebak gambar dan membuat cerita singkat.

Dalam kesempatan tersebut para guru Pos PAUD, kader LPP dan pendamping Pos PAUD diberi tips bermain bangkitkan orang tua dan guru-guru Pos PAUD agar cermat, cerdas dan kreatif memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita menjadi alat atau bahan bermain bagi anak-anak Pos PAUD.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 16 anak baduta yang berumur antara 7 bulan hingga 1,5 tahun. Mengingat kegiatan dan layanan Pos PAUD dikelompokkan berdasarkan umur, maka para bunda PAUD membuat kelompok-kelompok kecil usia sebaya dengan tips dan stimulasi bermain yang berbeda pula.

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo pada kesempatan tersebut mengarahkan pada semua orang tua dan guru Pos PAUD paling tidak ada 4 kegiatan yang dapat dimainkan seusia ini. Antara lain, bunyi-bunyian yang lembut dengan volume terukur, untuk merangsang pendengaran baduta serta gambar-gambar, warna-warni yang lembut untuk merangsang penglihatan si baduta.

“Selain itu, kata-kata, bicara, isyarat dan lain-lain yang dapat memancing baduta berucap kata walaupun tidak jelas. Sekaligus motorik halus mulai dari meraba, memegang, mengambil dan bahkan hati-hati. Kecenderungan baduta setiap yang dipegang mesti akan diemut,” terangnya.

Massajo berharap kepada para guru Pos PAUD dan ibu-ibu orang tua baduta agar aktif merangsang bagian-bagian anggota tubuh baduta agar sarafnya merespon dengan sempurna dan tidak mengalami keterlambatan sejak dini, terutama keaktifan para orang tua di rumah ketika menemani bermain dan beraktifitas lainnya.

“Biasakan aktif diajak bicara, mendongeng dan bercerita yang menarik dengan gerak-gerik tubuh dan isyarat lainnya. Walaupun baduta belum mengerti apa yang didengar, dilihat dan dipegang,” tegasnya.

Pada akhirnya Penilik Diktara meyakinkan para orang tua baduta, bahwa jika aktif hadir di Pos PAUD dan menindaklanjuti apa-apa yang diperoleh tentang ilmu dam merawat tumbuh kembang, bermain bersama pasti akan berbeda tingkat kecerdasan dan kepekaan anaknya dimasa pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. (wan)

cww trust seal