Sunday, December 8, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Atlet Wushu Raih Dua Medali Perunggu

Atlet Wushu Raih Dua Medali Perunggu

Reporter : Syamsul Akbar
LAMONGAN – Pundi-pundi medali kontingen Kabupaten Probolinggo dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur tahun 2019 kembali bertambah. Hal ini seiring dengan keberhasilan 2 (dua) atlet cabang olahraga (cabor) wushu meraih 2 medali perunggu dalam laga semifinal yang digelar di GOR Kemantren, Paciran Kabupaten Lamongan, Selasa (9/7/2019).

Dua medali perunggu tersebut dipersembahkan oleh Zainur Rahman Ali dan Novita Dwi Darmayanti dari 2 nomor Sanda yang berbeda. Zainur yang turun di nomor Sanda 48 kilogram harus mengakui keunggulan Abi atlet wushu asal Kediri. Sementara Novita yang turun di nomor Sanda 56 kilogram juga harus mengakui keunggulan Andini, atlet wushu asal Surabaya yang berhasil menang KO.

Ketua Pengkab Wushu Indonesia (WI) Probolinggo Eko Sumedi mengungkapkan raihan medali tersebut sebenarnya tidak sesuai target. Pasalnya sejak dari awalnya pihaknya menargetkan mampu meraih 3 medali emas. Meski demikian capaian tersebut cukup disyukuri. Sebab pada Porprov kali ini kekuatan atlet wushu dari daerah lain nyaris merata.

“Pada Porprov kali ini banyak atlet wushu pendatang baru yang pada ajang kejurprov lalu sengaja disimpan. Sehingga atlet kami yang jam terbangnya masih kurang, sedikit kesulitan menghadapi mereka. Utamanya sejak pada babak perdelapan final lalu,” katanya.

Eko mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh atlet binaannya. Pasalnya para atlet wushu tersebut sudah tampil maksimal. Dunia wushu fleksible dan atlet bisa transfer dari cabor beladiri adapun. Sehingga tidak mengherankan jika pada setiap pertandingan ada atlet yang cedera.

“Kalau teknik jatuhannya salah si atlet bisa cedera berat. Alhamdulillah atlet kita tidak ada yang cedera berat. Kalau melihat atlet-atlet dari daerah lain banyak yang masuk IGD rumah sakit dan bahkan ada yang patah tulang,” jelasnya.

Lebih lanjut Eko menambahkan, secara garis besar cabor wushu sudah ada peningkatan prestasi. “Kalau pada Porprov ke V di Banyuwangi kita hanya mampu meraih 1 medali, sekarang bisa menambah menjadi 2 medali. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi,” harapnya. (wan)

cww trust seal